Baru Punya Mobil? Ini Tips Perawatan Mobil Untuk Pemula

tips merawat mobil

Otorev – Bagi Anda yang baru memiliki mobil, pasti Anda bingung bagaimana seharusnya cara merawat mobil yang benar. Apa saja yang perlu diperhatikan, komponen mobil yang mesti diperiksa dan bagaimana memperbaiki kerusakan ringan yang terjadi. Berikut ada beberapa tips merawat mobil yang direkomendasikan untuk Anda.

Baca juga : Mengatasi Masalah Motor Tua dan Klasik

Perawatan aki mobil, ada 3 hal yang harus diperhatikan,yaitu ketinggian air aki pastikan air aki pada batas/level yang dianjurkan. pastikan tegangan aki adalah 12 volt cek dengan voltmeter.bersikan kutub-kutubnya baik positif maupun negatif.

Perawatan oli, indikasi oli harus diganti, kilometer menunjukkan 5-10 ribu, cabut stik oli, pastikan oli sesuai dengan yang dianjurkan level stick, teteskan oli pada jari kemudian rasakan apakah ada serpihan-serpihan logam halus. Jika ada maka oli harus diganti.

Jangan lupakan untuk merawat radiator, pastikan air radiator selalu penuh. Merawat ban, pastikan tekanan angin pada ban mobil Anda tepat, Dengan tekanan 28-32 psi. biasanya tulisan yang menyatakan tekanan maksimum ban terdapat di samping/dinding ban. jangn melebihi tekanan yang dituliskan tersebut karena ban beresiko meledak. Jangan mengemudi dengan beban total melebihi kemampuan ban, mengemudi pada batas kecepatan yang bisa dilakukan oleh ban0, selalu cuci dan bersihkan ban secara rutin, selalu perhatikan masalah keseimbangan mobil.

Selanjutnya, rawat lampu mobil Anda dengan baik. Cek semua lampu mulai dari headlamp, lampu sein sampai lampu rem. Memakai bohlam yang berkualitas bisa menjadikan lampu mobil lebih baik dan lebih awet, akan tetapi jangan gunakan lampu dengan yang diluar yang direkomendasikan.

Selalu ganti karet wiper jika musim penghujan tiba karena biasanya umur karet wiper adalah 6 bulan. Dan untuk merawat cat mobil, hindari memarkir mobil pada tempat yang panas. Merawat kabin mobil. Juga selalu bersihkan kabin mobil dari kotoran. Merawat kaca mobil. Mencuci mobil secara rutin merupakan perawatan kaca yang paling direkomendasikan.

Tips merawat mobil berikutnya yaitu, merawat jok mobil, bersihkan jok mobil paling tidak sebulan sekali agar keringat yang menempel (terutama di kursi pengemudi) tidak menjadi kerak dan merubah warna kain jok mobil.

Jangan lupakan membawa setiap peralatan mobil anda seperti dongkrak botol, kunci-kunci standar (tool kit) dan buku manual mobil (jika ada). Karena hal tak terduga sering terjadi di tengah perjalanan. Dan Anda bisa juga mengganti sparepart mobil Anda yang akan rusak dengan melakukan pembelian di berbagai toko online, atau toko onderdil terdekat. Untuk pembelian online, Anda bisa memanfaatkan aplikasi Akulaku untuk membelinya secara kredit, tanpa bunga dan tentunya cicilan yang ringan.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password