Berkendara di Siang Hari Bisa Berdampak Pada Kendaraan

berkendara di siang hari

Suhu kondisi yang cukup tinggi di sekitar Anda saat berkendara di siang hari ternyata akan memberikan dampak pada kendaraan.

Dampak tersebut memang tidak akan terasa pada awalnya, karena tak terlalu mencolok.Namun seiring waktu, lama-kelamaan efeknya pasti akan terasa.

Salah satu pengaruhnya, yaitu penguapan cairan yang berada dalam kendaraan menjadi lebih cepat. Dampak ini dapat menjadi lebih besar jika kendaraan yang dipakai berkendara kurang dirawat.

Sebagai contoh sistem pendingin kabin, komponen bocor bisa saja terjadi apabila kendaraan kurang terawat. Suhu yang panas tentunya akan mempercepat penguapan cairan di dalam sistem pendingin kabin.

Dampak selanjutnya yakni terhadap performa ban. Mengapa bisa begitu? Tekanan pada ban akan meningkat dikarenakan suhu yang panas saat siang hari.

Apabila pengisian udara dalam ban berlebihan, risiko meledak karena terpengaruhi panas lingkungan dapat terjadi kapan saja. Selain itu, jalan yang terbuat dari aspal akan menyerap panas lebih tinggi. Apabila ban tak dalam kondisi terbaiknya, panas jalan akan merusak ban lebih cepat.

Pengaruh selanjutnya adalah usia baterai akan semakin pendek. Suhu yang tinggi berisiko mempercepat penguapan cairan yang berada dalam baterai atau aki. Selain itu, penggunaan perangkat elektronik seperti pendingin udara di kondisi lingkungan yang panas akan lebih sering.

Terakhir adalah kegagalan pompa bahan bakar. Risiko ini dapat terjadi pada kendaraan yang jarang mengisi bahan bakarnya penuh. Bahan bakar yang terisi penuh juga dapat difungsikan sebagai pendingin tangki. Apabila tangki dalam keadaan kosong, suhu didalamnya akan menjadi tinggi dan mempengaruhi komponen pompa bahan bakar.

Nah, melalui pengetahuan ini, semoga Anda dapat lebih waspada dan cermat terhadap kendaraan Anda sendiri. Terutama jika Anda sering berkendara di siang hari.

 

Sumber : otosia.com

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password