Buat Pemula, Yuk Kenali Penyebab Motor Tiba-Tiba Mogok

penyebab motor tiba-tiba mogok

Otorev AKULAKU – Buat mereka yang sudah tahu seluk beluk motor, penyebab motor tiba-tiba mogok tak jadi masalah serius. Beda hal jika motor mogok dialami pemula. Apalagi jika kejadian tersebut terjadi saat musim hujan seperti sekarang ini. Dan memang benar, satu kekhawatiran pasti yang dialami oleh semua pengendara motor yaitu mogok. Apalagi jika mogok terjadi secara tiba-tiba.

Mogok bisa menjadi masalah yang paling bikin jengkel, apalagi jika sedang diburu waktu. Masalah makin pelik jika tak tahu apa salah dengan motor, dan tak tahu apa yang harus dilakukan. Memang, sumber mogok bisa berasal dari manapun. Dimanapun itu, tak perlu panik jika ini terjadi.

Baca juga : Mau Mengajukan Kredit Motor? Perhatikan Hal ini Dulu!

Periksa bahan bakar

Penyebab motor tiba-tiba mogok karena kehabisan bensin. Untuk pemula, keinginan mengendarai sepeda motor bisa melupakan segalanya. Termasuk saat bahan bakar mulai habis, dan motor pastinya tiba-tiba mogok. Meski terasa aneh, tapi faktanya kejadian ini umum dialami pemula. Sebisa mungkin periksa dulu odometer sebelum pergi jauh.

Masalah kian pelik jika odometer atau alat pengukur kapasitas bahan bakar rusak. Jika memang begitu, ada baiknya untuk mengecek secara manual bahan bakar yang ada. Jangan sampai kesalahan sepele ini bisa mengganggu aktivitas harian.

Jalur bahan bakar

Tapi, jika bahan bakar masih ada, bahkan masih cukup penuh, kesalahan mungkin terjadi pada proses distribusi bahan bakar. Lebih spesifik, ini bisa saja jalur bahan bakar terganggu. Misalnya kotor atau tersumbat. Jalur ini penting untuk memberi suplai pada mesin untuk pembakaran.

Beberapa kondisi yang menyebabkan jalur bahan bakar bisa tersumbat yaitu kualitas bahan bakar yang tak baik. Misalnya bahan bakar keruh atau bahkan kotor. Penyebab lain mungkin terkait karat yang terlarut pada saluran bahan bakar. Jika menumpuk, otomatis bisa menyumbat.

Bagian busi

Pengecekan terakhir jika motor tiba-tiba mogok yaitu bagian busi. Busi merupakan bagian penting dari proses pembakaran untuk menggerakkan motor. Jika busi sudah usang, maka jelas bisa bikin motor mogok. Atau, bisa juga dari kabel busi yang sudah aus.

Ini biasa terjadi pada motor tua, dimana banyak komponen motor sudah mulai usang. Jika tak ingin menambah masalah, mengganti motor merupakan cara tepat. Dan jika tak ada untuk membeli secara langsung, AKULAKU bisa menjadi solusi praktis karena menawarkan sistem angsuran tak pakai ribet.

Sumber : Hipwee

 

Dapatkan promo menarik dari AkuLaku Indonesia.

Caranya mudah, isi form dibawah ini dengan lengkap!

*
*
*

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password