Seberapa Cepat Mobil F1 Saat Balapan? Ini Jawabannya

Otorev – Menyaksikan balapan mobil F1 memang seru. Selain dari kecepatannya yang luar biasa, aksi saling susul pebalap juga bikin merinding. Karena ini merupakan kompetisi mobil balap paling bergengsi di dunia, jelas kecepatan menjadi poin utama untuk bisa menang.

Tapi ada pertanyaan yang sering muncul, seberapa cepatkah mobil F1? Jawabannya bisa beragam, tergantung pabrikan, teknisi di belakangnya, dan pebalap yang ada dibalik stir kemudi. Data kecepatan tiap tahun bisa berubah, tapi setidaknya beberapa mobil F1 berikut dianggap yang paling cepat.

Baca juga : Lebih Kenal dengan Maybach Exelero, Mobil Termahal di Dunia

Red bull RB13

Bukan Ferrari atau Marcedes, rekor mobil tercepat F1 justru dipegang oleh Red Bull seri RB13. Meski menjadi yang paling cepat di F1, tapi mesin yang dipakai bukan dibuat sendiri. Saat ini, untuk ajang balapan F1, Red Bull masih memakai mesin buatan pabrikan Renault.

red bull rb13

Mesin yang dipakai menggunakan tipe 6 silinder dengan maksimal 15,000 rpm. Sasis mobil ini didesain secara tunggal untuk bisa mengakomodasi unit power dari Tag Heuer. 2017 memang tahunnya McLaren, tapi tahun-tahun sebelumnya, Red Bull adalah juaranya.

Ferrari SF70H

Meski dianggap performanya menurun beberapa tahun belakangan, tapi ini tak mengendorkan pamor Ferrari sebagai mobil tercepat di F1. Memang tak menjadi nomor satu, tapi itu masih lebih cepat dari McLaren yang menjadi juara konstruktor tahun 2017 lalu.

mobil f1

Jika kebanyakan mobil F1 lain memakai unit power lain, Ferrari justru menjadi satu-satunya mobil di F1 yang memakai buatan sendiri. Biarpun sudah lama tak jadi juara, tapi Ferrari tetap dianggap sebagai yang terbaik, lebih cepat, modis dan tangguh di arena balap.

Lotus E23

Pertama kali ikut kompetisi F1 yaitu pada 2015. Tapi siapa sangka justru Lotus bisa langsung cepat adaptasi dan menjadi yang tercepat ketiga. Sejak ikut serta, lotus selalu masuk urutan teratas untuk urusan mobil paling cepat. Meski sampai saat ini tak pernah sampai juara.

lotus e23

Setelah 20 tahun memakai mesin buatan Renault di ajang F1, Lotus kini beralih menggunakan mesin buatan Marcedes, dan menjadi satu-satunya mobil F1 yang memakai mesin Marcedes. Lotus E23 merupakan bentuk penyempurnaan dari versi sebelumnya, Lotus E22.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password