Tips Merawat Ban Mobil atau Motor Agar Lebih Tahan Lama

merawat ban mobil

Otorev.com – Sama halnya dengan komponen kendaraan lainnya, ban juga memiliki masa pakainya sendiri. Jika masa pakai tersebut sudah berakhir, itu tandanya Anda harus segera menggantinya. Namun panjang pendeknya masa pakai tidak hanya ditentukan oleh spesifikasi dari ban tersebut. Membeli apapun kini memang semakin mudah. Bahkan Anda bisa belanja secara kredit di akulaku Indonesia. Namun jika bisa lebih berhemat, tentu akan lebih menguntungkan. Untuk itu, berikut beberapa tips merawat ban kendaraan agar lebih awet.

Baca juga : Tips Membeli Motor Bekas Kualitas Motor Baru

1. Jangan Berkendara Melebihi Kapasitas

Setiap ban memiliki kapasitasnya masing-masing. Jika barang bawaan Anda terlalu berat, ini akan memberi beban berlebih pada ban. Akibatnya ban jadi lebih cepat rusak. Untuk itu, selalu perhatikan spesifikasi dan kemampuan ban yang digunakan. Jangan menggunakannya sampai melebihi kapasitas tersebut.

2. Jangan Terlalu Sering Mengerem

Memang cukup sulit berkendara tanpa banyak mengerem, terlebih di jalanan macet. Meski demikian, usahakan untuk tidak terlalu sering melakukannya. Apalagi melakukan pengereman mendadak. Gesekan yang ditimbulkan akan membuat ban menjadi tipis. Jadi semakin sering Anda mengerem mendadak, ban akan semakin cepat tipis.

3. Hindari Jalan Rusak

Terlalu sering berkendara di jalanan yang tidak rata atau berlubang akan membuat ban jadi lebih cepat rusak. Mungkin ini terasa sulit jika tidak ada jalan alternatif yang bis Anda pilih. Jika memang demikian, setidaknya kurangi kecepatan untuk mengurangi beban yang harus ditanggung oleh ban. Cara Anda berkendara akan sangat menentukan di sini.

4. Selalu Cek Kondisi Ban

Sebelum berkendara sebaiknya cek kondisi ban kendaraan Anda. Cek juga tekanan anginnya dan pastikan berada di angka standar. Ban yang terlalu keras ataupun kempes bisa membuat ban cepat rusak. Akibatnya, hanya digunakan sebentar pun ban sudah harus diganti yang baru.

Perawatan yang tepat akan membuat ban bertahan lebih lama. Setidaknya, Anda tidak perlu menggantinya sebelum masa pakai yang direkomendasikan berakhir. Bagi Anda yang ingin membayar cicilan kredit, akulaku Indonesia bisa membantu Anda. Di akulaku Indonesia, Anda juga bisa membeli produk-produk lain tanpa harus membayarnya secara tunai.

 

Dapatkan promo menarik dari AkuLaku Indonesia.

Caranya mudah, isi form dibawah ini dengan lengkap!

*
*
*

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password