14 Perusahaan Penguasa Industri Mobil, Kamu Sudah Mengetahuinya?

14 Perusahaan Penguasa Industri Mobil

14 Perusahaan Penguasa Industri Mobil – Industri kendaraan berkembang pesat dan saling bersaing mengiringi kebutuhan masyarakat akan transportasi.

Persaingan yang ketat membuat perusahaan-perusahaan tersebut untuk menawarkan kendaraan-kendaraan yang berkualitas secara persuasif untuk memenuhi kebutuhan pasar, dalam hal ini pasar otomotif.

Persaingan yang ketat ini memunculkan perusahaan-perusahaan yang mendominasi dan ada pula yang terpinggirkan.

Sumber : visualcapitalist,com

Beberapa perusahaan yang mendominasi ini pun menguasai beberapa pabrikan kecil yang bernaung di bawahnya.

Sedangkan perusahaan-perusahaan yang ambruk akibat kalah dalam persaingan ini pun akhirnya ada yang bangkrut atau dibeli oleh perusahaan lain yang lebih besar.

Berikut empat belas perusahaan besar yang menguasai industri kendaraan yang ada.

14 Perusahaan Penguasa Industri Mobil di Dunia

BMW Group

mobil bmw terbaru
Sumber : sports247,my

BMW (Bayerische Motoren Werke atau dalam pengertian Bahasa Indonesia berarti Kendaraan Karya Bavaria) merupakan perusahaan otomotif Jerman yang didirikan pada tahun 1916. BMW merupakan induk dari merk mobil MINI dan Rolls-Royce.

Daimler

daimler
Sumber : realgestalt,de

Daimler merupakan perusahaan multinasional terbesar ke-13 di dunia. Perusahaan Daimler menguasai merk mobil terkenal seperti Mercedes-Benz, Mercedes-AMG, dan Smart Automobile. Perusahaan ini juga memiliki perusahaan Detroit Diesel, Freightliner, Westertn Star, Thomas Built Buses dan lain-lain.

FCA (Fiat Chrysler Automobiles)

logo fca
Sumber : strategicmarketing,com

FCA merupakan gabungan dari perusahaan otomotif Fiat dan Chrysler. Gabungan kedua perusahaan ini membuat FCA menjadi perusahaan yang patut diperhitungkan.

Dari pihak Fiat sendiri mengantongi merk mobil seperti Maserati, Alfa Romeo, Lancia bahkan Ferrari (meski keluar pada tahun 2016). Sedangkan dari pihak Chrysler memegang merk mobil RAM, Dogde, dan Jeep.

Ford

logo ford
Sumber : wikipedia,com

Ford menguasai perusahaan otomotif lain seperti Mercury dan mobil mewah Lincoln. Kendati Ford pernah mengalami krisis finansial pada tahun 2005, Ford tetap menjadi salah satu perusahaan raksasa dalam bidang otomotif.

Geely

mobil geely
Sumber : commons,wikimedia,org

Perusahaan asal tiongkok ini membuat gebrakan besar dengan membeli Volvo dari Ford pada tahun 2009. Perusahaan ini memulai produksinya dengan memproduksi kulkas pada 1986. Sekarang, Geely telah menjadi salah satu perusahaan otomotif besar yang menguasai Volvo dan The London Taxi Company.

GM (General Motors)

logo gm
Sumber : lapatilla,com

Perusahaan otomotif GM memproduksi 12 merk kendaraan di 37 negara. Merk-merk tersebut adalah Chevrolet, Buick, GMC, Cadillac, Holden, HSV, Opel, Vauxhall, Wuling, Baojun, Jie Fang, dan Ravon. Adapun beberapa merk yang mereka lepas untuk menutup kerugian diantaranya Saturn, Pontiac, dan Hummer.

Honda

all about honda
Sumber : static.seekingalpha,com

Honda menjadi salah satu perusahaan otomotif terbesar dengan jumlah produksinya yang mencapai 14 juta unit tiap tahunnya. Honda memiliki anak perusahaan yakni Acura yang merupakan divisi mobil mewah dari Honda.

Hyundai

logo hyundai
Sumber : indianexpress,com

Perusahaan ini awalnya adalah kolongmerat terbesar di Korea Selatan. Hyundai pun akhirnya pecah menjadi lima bisnis salah satunya Hyundai Motor. Perusahaan mobil asal Korea Selatan ini menguasai KIA dan Genesis.

Nissan

logo nissan
Sumber : wikimedia,org

Nissan menjadi perusahaan otomotif terbesar keenam di dunia. Perusahaan ini juga menjadi induk perusahaan dari Infinity dan Datsun.

PSA

logo psa group
Sumber : auto,ndtv,com

PSA atau dikenal dengan Groupe PSA merupakan perusahaan multinasional asal Perancis yang memiliki perusahaan Citrozen, Peugeot, dan DS Automobiles

Reanult

logo reanult
Sumber : financnitrgi,com

Perusahaan otomotif asal perancis ini menjadi produsen ketiga terbesar di Eropa setelah Volkswagen dan PSA. Reanult menguasai perusahaan merk Dacia dan divisi mobil Samsung.

TATA

tata motor
Sumber : india,com

Perusahaan asal india ini adalah kolongmerasi yang bergerak di segala bidang. Dalam bidang transportasi TATA memiliki produksi sendiri dengan nama TATA Motors. Perusahaan ini menguasai merk Land Rover dan Jaguar.

Toyota

logo toyota
Sumber : athelred,com

Toyota merupakan perusahaan asal Jepang yang bermarkas di Toyota, Aichi. Toyota memiliki anak perusahaan seperti Dahiatsu, Hino, Lexus, dan Scion.

Volkswagen

volkswagenag.com
Sumber : volkswagenag,com

Dapat dibilang perusahaan otomotif asal Jerman ini menjadi perusahaan otomotif terkuat di Eropa. Bayangkan saja merk-merk mobil mewah seperti Audi, Bentley, Lamborghini, Porsche, Seat, dan Skoda pun dikuasainya.

Demikian daftar perusahaan-perusahaan mobil yang merajai pasar otomotif. Semoga saja persaingan antar perusaahaan ini tetap sehat dan tetap saling memproduksi kendaraan-kendaraan yang berkualitas. Nah, bagi kamu mobil kamu masuk yang mana?

Sumber Featured Image : cintamobil,com

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password