Kenali 4 Jenis Mobil yang Sedang Tren di Indonesia Saat Ini

4 Jenis Mobil yang Sedang Tren

Kebutuhan konsumen akan mobil semakin berkembang dari hari ke hari. Hal itu membuat pabrikan otomotif dari seluruh dunia memproduksi berbagai jenis mobil yang tidak hanya memiliki nama yang berbeda, tetapi juga fungsi yang berbeda-beda pula. Yang saat ini sedang menjadi tren di Indonesia antara lain Multi Purpose Vehicle (MPV), Sport Utility Vehicle (SUV), city car, dan hatchback. Tahukah Anda apa perbedaan keempat jenis mobil tersebut? Berikut adalah penjelasannya sebagaimana dirangkum dari Viva.

1. Multi Purpose Vehicle (MPV)

lexus rx 200t

Jenis mobil yang pertama adalah Multi Purpose Vehicle atau MPV. Di Indonesia, mobil jenis ini kerap digunakan sebagai mobil keluarga. Pasalnya, ukuran MPV yang lebih besar dari sedan membuatnya mampu mengangkut hingga tujuh orang. Selain itu MPV Juga dikenal sebagai mobil yang nyaman dikendarai. Sesuai dengan namanya, mobil jenis ini memang multi fungsi. Selain bisa untuk mengangkut penumpang, MPV juga bisa digunakan untuk membawa barang dalam jumlah banyak dengan cara melipat jok.

2. Sport Utility Vehicle (SUV)

lexus rx 200t fsport

Jenis mobil yang kedua adalah Sport Utility Vehicle atau SUV. Mobil ini pada dasarnya merupakan gabungan antara Jeep, pikap dan sedan. Jarak bodi mobil ke tanah yang dirancang tinggi, juga suspensi yang dirancang kokoh membuat mobil jenis SUV bisa dipacu di segala medan, baik on-road maupun off-road.

Kabin SUV biasanya muat untuk tujuh atau delapan orang. Selain itu, bagasinya juga luas sehingga mampu menampung banyak barang. Di Indonesia, mobil jenis ini biasa digunakan oleh para pekerja lapangan yang memiliki mobilitas tinggi, tetapi tetap mengutamakan kenyamanan berkendara.

3. City Car

mobil mewah lexus

Jenis mobil yang ketiga adalah city car. Secara harfiah, city car berarti mobil perkotaan. City car memang hanya cocok digunakan untuk medan perkotaan. Bodinya yang kecil dan ringkas, membuat city car mampu bergerak lincah, tapi tetap irit bahan bakar. Itulah mengapa mobil ini cocok dikendarai dalam kondisi lalu lintas perkotaan yang padat bahkan macet.

City car juga bisa digunakan untuk perjalanan jauh, misalnya keluar kota. Namun, karena fungsi utama bukan untuk itu, pengendara biasanya akan lebih mudah lelah. Mesin city car juga cenderung lebih cepat panas jika digunakan untuk perjalanan jauh.

4. Hatchback

lexus jenis hatchback

Jenis mobil yang keempat adalah hatchback. Hatchback pada dasarnya adalah sedan dengan bagian belakang yang lebih pendek. Mobil jenis ini sangat populer di Indonesia beberapa tahun belakangan. Desainnya yang ringkas tetapi tetap fungsional membuat mobil ini diminati.

Dengan kabin yang tidak terlalu luas, mobil ini hanya mampu menampung tidak lebih dari empat orang. Bagasinya juga minim, sehingga tidak bisa mengangkut banyak barang. Kendati demikian, mobil jenis ini sangat nyaman dikendarai. Sama seperti city car, hatchback juga paling cocok digunakan untuk medan perkotaan. Desainnya yang ringkas, membuatnya mampu bergerak dinamis di tengah kepadatan lalu lintas dengan konsumsi bahan bakar yang efisien.

Itulah penjelasan mengenai perbedaan keeempat jenis mobil. Jika Anda mencari pabrikan mobil mewah yang menyediakan berbagai jenis mobil, Lexus bisa menjadi pilihan Anda. Pasalnya, pabrikan otomotif asal Jepang ini tidak hanya memproduksi city car dan hatchback, tetapi juga SUV dan MPV. Selain itu, produk-produk Lexus juga memiliki banyak keunggulan. Tidak hanya dibekali dengan mesin yang tangguh, mobil-mobil keluaran Lexus juga dirancang dengan desain ekterior dan interior yang menawan.

Sumber Gambar : Lexus, Pinimg, aolcdn

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password