4 Tips Berkendara Saat Melintasi Banjir atau Genangan

4 Tips Berkendara Saat Melintasi Banjir atau Genangan

4 Tips Berkendara Saat Melintasi Banjir atau Genangan – Musim yang tidak menentu membuat Anda harus selalu bersiap menghadapi berbagai kemungkinan di jalan. Hawa panas yang sering menjadi teman sehari-hari, kadang bisa berubah seratus delapan puluh derajat menjadi mendung dan hujan deras.

Itu sebabnya, meskipun langit tampak cerah ketika Anda memulai hari, sebaiknya persiapkan juga berbagai hal jika tiba-tiba turun hujan. Hawa panas yang melanda, tentu bisa sedikit diringankan dengan minuman dingin, atau air conditioner pada ruangan atau mobil Anda.

Namun jika kemudian hujan deras turun, potensi banjir terus mengintai, dan tentu saja Anda pasti tidak mau banyak berurusan dengan hal yang satu ini.

Kondisi banjir, selain mengganggu aktifitas sehari-hari, juga merupakan musuh besar bagi berbagai kendaraan bermotor. Setiap pengendara yang nekat menerobos banjir di jalanan, dihantui dengan berbagai kendala, mulai dari mesin mogok, hingga berbagai iritasi kulit yang mungkin menjangkiti pengendara.

Disamping itu, dari segi keamanan, menerjang banjir juga memiliki resiko yang besar. Keadaan jalan yang tidak dapat dipastikan, batasan jalan yang kurang terlihat, hingga lubang di jalan yang tentu tidak terlacak, selalu mengancam keselamatan pengendara keadaan bermotor.

Oleh sebab itu, ada baiknya Anda memperhatikan tips berikut untuk lebih berhati-hati dalam berkendara menerobos banjir.

4 Tips Berkendara Saat Melintasi Banjir atau Genangan Untuk Keamanan Anda

  1. Pastikan ketinggian air

Selalu upayakan untuk mengetahui seberapa tinggi air yang akan Anda lewati, ini berguna untuk menentukan apakah kendaraan Anda bisa melalui genangan tersebut.

  1. Jangan berkendara dalam kecepatan tinggi

Selain membahayakan diri sendiri, berkendara dalam kecepatan tinggi juga berbahaya untuk orang lain. Jika Anda mencoba menerobos bajir dengan kecepatan tinggi, maka roda kendaraan Anda bisa jadi malah tergelincir dan kehilangan daya cengekeram.

  1. Jangan berpindah –pindah jalur

Ini penting dilakukan untuk menjaga kestabilan kendaraan Anda. Dengan menjaga jalur yang sama, Anda akan lebih mudah memonitor keadaan jalan karena Anda memiliki patokan kendaraan di depan Anda. Jika kendaraan didepan Anda melintasi lubang jalan, Anda akan lebih mudah melakukan antisipasinya.

  1. Hindari aliran air atau lumpur

Sebaiknya Anda tidak nekat menerjang aliran air atau lumpur. Jika apes, kendaraan Anda malah bisa terbawa arus dan makin memperparah kendaraan.

4 Tips Berkendara Saat Melintasi Banjir atau Genangan

Melintasi banjir memang menjadi tantangan tersendiri dalam berkendara. Potensi mesin yang mogok karena masuknya air selalu menjadi mimpi buruk. Selain itu, ketika banjir semakin naik, bagian dalam mobil Anda juga bisa terkena genangan air, yang tentu akan sangat mengganggu perjalanan Anda.

Untuk itulah, selalu pilih kendaraan yang siap untuk melewati berbagai medan yang mungkin Anda hadapi. Toyota All New Fortuner, dengan ground clearance yang tinggi, tentu akan memudahkan Anda melewati banjir yang menghadang.

Ketinggian mobil yang memadai, memberikan Anda kemampuan untuk menerjang banjir yang cukup tinggi, sehingga aktifitas Anda tidak banyak terhambat.

Itulah ulasan artikel tentang 4 Tips Berkendara Saat Melintasi Banjir atau Genangan yang dapat kami sampaikan dan semoga bermanfaat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password