Hemat Bahan Bakar tapi Tetap Bertenaga, Ini 5 Cara Kerja Mobil Hybrid

cara kerja mobil hybrid

Otorev.com – Kesadaran bahwa persediaan bahan bakar fosil semakin lama semakin menipis membuat berbagai pabrikan otomotif di selurih dunia berlomba-lomba membuat mobil yang irit bahan bakar. Salah satunya adalah mobil hybrid. Mobil hybrid adalah mobil yang  menggabungkan mesin berbahan bakar bensin dengan motor listrik bertenaga baterai. Keduanya bekerja bergantian, saling melengkapi satu sama lain. Hal itulah yang membuat konsumsi bahan bakar pada mobil hybrid lebih irit ketimbang mobil konvensional.

Uniknya, meski konsumsi bahak bakarnya lebih irit, performa mobil hybrid tidak kalah dengan mobil konvensional. Dalam beberapa hal, performa mobil hybrid justru lebih baik ketimbang mobil konvensional. Selain itu, mobil hybrid juga memiliki daya tambahan untuk menyuplai perangkat-perangkat bertenaga listrik di dalam mobil, misalnya lampu interior, AC, hingga multimedia. Padahal motor listrik pada mobil hybrid tidak perlu diisi daya seperti pada mobil listrik. Apa rahasianya? Berikut adalah lima cara kerja mobil hybrid yang perlu Anda ketahui.

 

1. Saling Bekerja Sama Sejak Pertama Kali Mesin Dinyalakan

Sumber: automobilemag,com

 

Dua unsur penting dalam mobil hybrid, yaitu mesin berbahan bakar bensin dan motor bertenaga listrik saling bekerja sama sejak saat pertama kali mobil dihidupkan. Pada saat mobil dinyalakan, jika baterai motor listrik perlu diisi, maka generator akan mengubah energi yang dihasilkan mesin bertenaga bensin menjadi energi listrik untuk mengisi baterai. Cara kerja inilah yang membuat baterai pada mobil hybrid tidak perlu di-recharge dengan cara dicolokkan ke outlet listrik seperti pada mobil listrik.

 

2. Saat Mobil Melaju Mesin Berbahan Bakar Bensin yang Pegang Kendali

Sumber: lexusenthusiast,com

Saat mobil hybrid melaju pada kecepatan antara 60 hingga 80 kilometer per jam, mesin berbahan bakar bensin akan sepenuhnya mengambil alih. Mesin itulah yang menggerakkan mobil saat melaju. Namun, jika baterai kekurangan daya, lagi-lagi generator akan mengubah energi yang dihasilkan mesin berbahan bakar bensin menjadi energi listrik untuk me-recharge baterai motor listrik.

 

3. Kedua Mesin Bekerja Sama saat Mobil Menyalip

Sumber: greencarreports,com

 

Saat mobil hybrid tengah melaju dan hendak menyalip mobil lainnya, diperlukan tenaga akselerasi yang tinggi. Pada saat itulah mesin berbahan bakar bensin dan motor listrik bekerja sama hingga bisa menghasilkan tenaga ekstra. Akselerasi mobil pun menjadi lebih maksimal.

 

4. Daur Ulang Energi pada Regenerative Braking

Sumber: lexusenthusiast,com

Pengereman pada mobil hybrid disebut sebagai pengereman regeneratif atau regenerative braking. Yang dimaksud dengan pengereman regeneratif adalah penegreman yang mampu menghasilkan energi baru. Ringkasnya, pada mobil hybrid energi dari putaran mesin yang dihentikan saat pengereman tidak terbuang begitu saja, melainkan didaur ulang menjadi energi listrik untuk mengisi daya baterai motor listrik. Prinsip ini tidak berlaku pada mobil konvensional di mana energi yang berasal dari mesin yang dihentikan saat pengereman terbuang begitu saja.

 

5. Motor Listrik Mengambil Alih saat Mobil Berhenti Sementara

Sumber: ericpetersautos,com

Saat berhenti sementara, misalnya pada lampu merah, mobil hybrid akan mematikan mesin berbahan bakar bensin. Jika mobil perlu bergerak lambat, yang akan bekerja adalah motor listrik bertenaga baterai. Saat berhenti sementara, suplai energi untuk aneka perangkat listrik yang terdapat di dalam mobil, seperti AC, lampu interior, audio, dan lain-lain juga berasal dari baterai. Cara kerja inilah yang membuat kinerja mesin berbahan bakar bensin pada mobil hybrid cenderung lebih ringan, sehingga tidak hanya irit konsumsi bahan bakar tetapi juga lebih tahan lama.

Itulah lima cara kerja mobil hybrid yang wajib Anda ketahui. Jika Anda mendambakan mobil hybrid dengan kualitas premium, Lexus layak menjadi pilihan Anda. Pasalnya, mobil-mobil keluaran Lexus, mengombinasikan mesin berbahan bakar bensin dan motor listrik bertenaga baterai secara efektif dan efisien, sehingga tidak hanyan irit bahan bakar dan ramah lingkungan, tetapi juga bertenaga.

 

Sumber featured image: lexus.com

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password