5 Cara Mudah Kenali BPKB Kendaraan Asli Atau palsu

5 Cara Mudah Kenali BPKB Kendaraan Asli Atau palsu

Otorev – BPKB Kendaraan adalah sebuah surat atau buku yang berfungsi sebagai bukti kepemilikan sebauh kendaraan bermotor. Didalam BPKB biasanya tertera informasi siapa pemilik resmi dari kendaraan bermotor dan informasi lainnya. Tetapi belakangan ini gencar berita mengenai sindikat pemalsuan surat-surat kendaraan, seperti BPKB dan STNK. Ini tentu akan sangat merugikan para konsumen.

Nah, Agar Anda juga tidak tertipu dengan aksi tidak bertanggung jawab tersebut, maka perlu Anda tahu cara mudah mengenali BPKB kendaraan asli atau palsu seperti yang akan kami ulas dibawah ini.

Cara Mudah Kenali BPKB Kendaraan Asli atau Palsu

BPKB Kendaraan

Perhatikan cover BPKB

Cara mudah kenali BPKB kendaraan asli atau palsu pertama adalah dengan memperhatikan cover pada BPKB. Cover BPKB asli terlihat lebih mengkilap jika dibandingkan dengan BPKB palsu. Kilap yang ada pada cover BPKB asli sangat terlihat jelas saat di sandingkan dengan BPKB palsunya.

Lihat hologram pada BPKB

Selanjutnya adalah memperhatikan hologram yang ada pada BPKB. Hologram pada BPKB asli akan tetap memancarkan warna silver atau tidak berubah warna saat terkena sinar. Berbeda dengan hologram yang ada pada BPKB palsu, saat terkena sinar maka akan memancarkan warna kuning.

Perhatikan nomor dibawah hologram

Selain memperhatikan gologram, nomor yang ada dibawah hologram juga perlu diperhatikan. Nomor ini berguna untuk mengkategorikan pemilik kendaraan berdasarkan domisili. Namun demikian, nomor yang ada dibawah hologram ini sedikit tidak terbaca, karena memang bersifat rahasia dari Korlantas.

Lihat identitas pemilik

Cara mudah kenali BPKB kendaraan asli atau palsu yang ke empat adalah dengan melihat identitas pemilik kendaraan. Tulisan pada identitas ini biasanya terlihat lebih jelas dan tidak seperti sudah dirubah. Jika memang terdapat kejanggalan pada tulisan identitas, seperti kondisi sudah dicetak ulang, maka bisa dipastikan BPKB tersebut adalah palsu.

Lihat di halaman ke-14

Terakhir untuk cara mudah kenali BPKB kendaran asli atau palsu adalah dengan melihat halaman ke-14 BPKB. Diasana akan tersedia logo Korlantas yang hanya bisa dilihat saat disinari dengan cahaya ultraviolet. Selain itu, tekstur kertasnya juga lebih kasar mengikuti pola logo Korlantasnya.

Demikian tadi cara mudah kenali BPKB kendaraan asli atau palsu yang bisa kami bagikan. Semoga informasi diatas bermanfaat.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password