5 Jenis Oli Mobil yang Harus Kamu Tahu!

5 Jenis Oli Mobil

otoRev.com AKULAKU – Setidaknya ada 5 jenis oli mobil yang harus kamu tahu, terlepas dari merk oli di Indonesia. Oli merupakan pelumas penting bagi mobil yang berfungsi sebagai pencegah terjadinya kerusakan yang timbul akibat gesekan-gesekan komponen mesin. Selain sebagai pelumas, ternyata oli mempunya fungsi lain, misalnya sebagai pendingin mesin, melindungi mesin dari karat, serta sebagai pembersih dan penutup celah pada dinding mesin. Yuk, langsung simak aja jenis-jenis oli mobil yang sudah tim otoRev.com rangkum buat kamu.

Baca juga : Oli Mesin Mobil Cepat Habis? Ini Penyebabnya!

5 Jenis Oli Mobil yang Harus Kamu Tahu

1. Oli Mesin

oli mesin mobil

Jenis oli yang satu ini pasti sudah sangat familiar di telinga para pemilik mobil. Fungsi utama oli mesin adalah sebagai pelumas untuk mengurangi gesekan antar komponen pada mesin mobil dan juga sebagai pendingin mesin mobil. Berdasarkan jenisnya, ada 3 jenis oli mobil yaitu oli mineral, semi sintesis, dan full sintesis. Sesuaikan dengan jenis dan kebutuhan mobil kamu ya.

2. Oli Transmisi

oli transmisi

Oli transmisi memiliki fungsi sebagai pelumas pada sistem transmisi mobil agar mempermudah pergantian gigi mobil dan mencegah komponen transimi agar tidak aus. Seperti halnya oli mesin, oli transmisi juga membutuhkan pergantian secara berkala, namun dengan jangka waktu yang lebih panjang. Perlu diingat, oli transmisi yang digunakan mobil manual dan mobil matik berbeda, kamu harus menyesuaikannya.

3. Oli Gardan

gardan mobil

Oli gardan berfungsi sebagai pelumas yang menghubungkan transmisi ke gardan agar kinerja mesin lancar. Oli ini umumnya diganti bersamaan dengan oli transmisi yaitu saat jarak tempuh mobil mencapai sekitar 20.000 km atau jika sudah terdengar bunyi dengung pada mobil. Jika akan mengganti oli gardan harus memerhatikan tingkat kekentalannya sesuai dengan rekomendasi pabrik.

4. Oli Rem

Minyak rem

Oli rem atau juga dikenal dengan minyak rem memiliki fungsi untuk memperlancar proses pengereman mobil. Apabila suplai oli rem lancar, tenaga hidrolik yang dihasilkan saat proses pengereman akan lebih optimal. Selain itu, manfaat lainnya adalah membuat rem tidak cepat panas dan tidak mudah berkarat. Oli rem mobil kamu juga perlu diganti setidaknya setiap dua hingga tiga tahun sekali untuk menjaga performa pengereman tetap optimal.

5. Oli Power Steering

Mobil produkti tahun 90-an biasanya masih menggunakan power steering konvensional. Cara kerjanya dengan menggunakan tenaga hidrolik untuk meringankan stir mobil kamu. Jika oli ini jumlahnya terlalu sedikit dapat membuat stir terasa berat. Oli ini biasanya berwarna bening kekuningan. Masa kerja oli ini sama dengan oli rem yaitu sekitar dua tahun.

Yuk mulai perhatikan 5 jenis oli yang ada di mobil kamu dengan mengecek dan menggantinya jika memang diperlukan. Kamu bisa membeli oli mobil sesuai kebutuhan via AKULAKU. Kamu juga bisa kredit tanpa kartu kredit di AKULAKU. Kredit ga pake ribet cuma di AKULAKU.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password