5 Langkah Mudah Merawat Interior Mobil

merawat interior mobil

Otorev.com – Mobil yang terawat bukan hanya yang eksteriornya kinclong, tetapi juga yang interiornya bersih. Untuk itu, perawatan interior mobil mesti diperhatikan, karena sama pentingnya dengan perawatanh eksterior. Pasalnya, interior mobil yang bersih juga akan memberikan rasa nyaman saat berkendara.

Merawat interior mobil sebenarnya bukan perkara sulit. Anda bahkan bisa melakukannya sendiri pada waktu senggang, misalnya saat akhir pekan. Berikut adalah lima langkah mudah merawat interior mobil.

 

1. Bersihkan Karpet

Sumber: dam.lexusasia,com

Langkah pertama merawat interior mobil adalah membersihkan karpet. Karpet merupakan bagian interior mobil yang paling mudah kotor. Pasalnya, karpet selalu bersinggungan dengan alas kaki penumpang. Untuk membersihkan karpet, Anda cukup membersihkan kotoran, misalnya tanah atau pasir yang berasal dari alas kaki penumpang. Cuci karpet menggunakan sabun dan jemur hingga kering. Jika Anda hendak mengganti karpet mobil Anda, pastikan Anda memilih karpet yang terbuat dari karet sintetis sehingga mudah dibersihkan.

 

2. Bersihkan Dasbor

Sumber: lexus.co.id

Langkah kedua merawat interior mobil adalah membersihkan dasbor. Dasbor adalah bagian interior mobil yang paling menonjol, karena selalu terlihat jelas dari luar. Sayangnya, dasbor juga merupakan salah satu bagian interior yang paling mudah kotor. Pasalnya, dasbor dengan aneka tombolnya merupakan bagian yang paling kerap disentuh oleh pengendara mobil. Selain itu, dasbor juga selalu menjadi sasaran sinar matahari dan debu saat membuka tutup kaca.

Bersihkan permukaan dasbor dengan cairan pembersih khusus yang bisa Anda beli di toko-toko terdekat. Bersihkan dasbor secara seksama mulau dari permukaan yang mudah dijangkau hingga sudut-sudut yang sulit dijangkau. Bersihkan pula lubang AC yang kerap menjadi sarang debu. Jangan lupa menggunakan cairan pembersih dasbor sesuai aturan. Pasalnya, jika tidak digunakan secara benarm cairan tersebut justriu bisa meninggalkan noda.

Untuk menambah perlindungan, Anda bisa mengoileskan cairan anti UV ke dasbor Anda. Cairan tersebut tidak hanya membuat dasbor tampak lebih mengkilap tetapi juga membuatnya lebih awet.

 

3. Bersihkan Langit-Langit Mobil

Sumber: dam.lexusasia,com

 

Langkah ketiga merawat interior mobil adalah membersihkan langit-langitnya. Meski terlihat bersih, bagian langit-langit biasanya menyimpan debu. Untuk itu, harus dibersihkan. Bersihkan langit-langit mobil Anda dengan lap basah supaya debu dan sisa kotoran depan terangkat dengan mudah.

Namun  ingat, jangan gunakan lap yang terlalu basah. Pasalnya, lap yang terlalu basah justru akan membuat langit-langit mobil Anda lembab dan berbau tak sedap. Keringkan langit-langit mobil yang telah dibersihkan dengan lap basah dengan lap kering yang mampu menyerap air.

 

4. Bersihkan Jok

Sumber: dam.lexusasia,com

 

Langkah keempat merawat interior mobil adalah membersihkan jok. Jika jok mobil tidak terlalu kotor, Anda cukup menggosoknya dengan lap kering. Namun, jika jok sudah agak kotor, gunakanlah penyedot debu. Selain bisa membersihkan kotoran dengan lebih baik, penyedot debu juga bisa menjangkau arau-area tersembunyi.

Untuk membersihkan kotoran membandel, gunakan cairan pembersih khusus. Oleskan cairan tersebut sedikit demi sedikit, lalu sikat perlahan dengan sikat gigi bekas. Ingat, jangan tuangkan cairan pembersih terlalu banyak. Hal itu justru  akan membuat jok mobil Anda basah.

Anda juga bisa menjaga jok mobil supaya tetap awet dengan cara melapisinya dengan seat cover. Jangan lupa bersihkan seat cover secara berkala agar tetap bersih dan tidak berbau.

 

5. Beri Pengharum

Sumber: thegadgetflow,com

Setelah semua bagian interior mobil dibersihkan langkah terakhir yang perlu Anda lakukan adalah memberikan pengharum. Gunakanlah pengharum khusus mobil dengan aroma yang sesuai dengan selera Anda. Dalam memilih aroma pengharum mobil, pilihlah yang beraroma kalem. Pasalnya, pengharum mobil yang berbau tajam justru akan membuat mobil terasa pengap dan bisa menyebabkan pusing.

Itulah lima langkah mudah merawat interior mobil. Jika Anda mendambakan mobil dengan desain interior yang menawan, Lexus layak menjadi pilihan Anda. Interior mobil  keluaran Lexus tidak hanya dipercantik dengan lapisan kulit berkualitas prima, tetapi juga aneka gadget canggih yang memudahkan pengemudi mengendalikan semua fasilitas di dalam mobil.

Sumber featured image: lexus.co.id

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password