5 Mobil Dengan Akselerasi Tercepat di Dunia yang Dijual Saat Ini

mobil dengan akselerasi tercepat di dunia

0-100 km perjam menjadi salah satu tolak ukur performa mobil selain kecepatan maksimal atau top speed yang paling sering dikutip dalam statistik sebuah mobil. Kali ini kita akan membahas 5 mobil berakselerasi tercepat yang dijual saat ini. Jadi mobil seperti F1, mobil Drag, atau mobil yang telah dimodifikasi untuk memecahkan sebuah rekor tidak ada dalam list ini. Penasaran dengan dengan list nya? Yuk disimak!

5 Mobil Dengan Akselerasi Tercepat di Dunia yang Dijual Saat Ini

img15.jpeg

5. Koenigsegg Regera – 2.7 detik

Swedia terkenal dengan banyak hal: Ikea, bangsa Viking, berada di sebelah Norwegia.. Daftarnya tak terbatas. Tapi taukah anda bahwa Swedia juga terkenal dengan kecepatannya?

Berkat pabrikan Hypercar Koenigsegg dan mobilnya, Regera, yang mampu berakselerasi 0-100 km perjam hanya 2,7 detik ini sempat menjadi mobil tercepat pada 2016. Dengan mesin 5.0 L, twin turbo V8 dapat menghasilkan tenaga sampai 1100 daya kuda dan torsi sekitar 1280Nm!

img16.jpg

4. Mclaren P1 – 2.6 detik

Jika dibandingkan dengan rivalnya, Ferrari dan Porsche, Mclaren memang mempunyai pengalaman mobil jalanan yang lebih sedikit. Tapi hal tersebut berubah dengan meluncurnya P1. Mesin yang disematkan pada P1 yaitu 3.8 L twin turbo V8 yang menghasilkan “hanya” 903 daya kuda dengan torsi 980Nm memang terdengar kecil. Walau begitu P1 dapat menembus angka 2.6 detik dikarenakan bebannya yang luar biasa ringan, hanya sekitar 1,5 ton! Saat berakselerasi pun, P1 tidak seperti mobi kebanyakan, karena sistem aerodinamik yang terpasang secara pintar berubah menyesuaikan tekanan angin untuk mendapatkan downforce yang maksimal. Wow!

img17.jpg

3. Bugatti Veyron Super Sport & Chiron – 2.5 detik

Menembus angka ajaib, 2.5 detik, tidak ada yang lebih cocok dibandingkan kedua saudara mobil termahal di dunia saat ini; Bugatti Veyron edisi Super Sport dan sang adik, Bugatti Chiron. Kedua mobil ini sama-sama memiliki mesin 8.0 L W16 quad turbo yang menghasilkan daya 1184 daya kuda dan 1500Nm untuk Veyron, dan 1479 daya kuda 1600Nm pada Chiron. Perbedaan yang terjadi antar kedua mobil ini adalah pembaharuan sistem injeksi, kelistrikan, dan distribusi beban yang lebih baik untuk Chiron. Kedua mobil Bugatti ini merupakan mobil yang telah memecahkan rekor sebagai mobil dengan top speed tertinggi, yaitu 420 km per jam!

img18.jpg

2. Ferrari LaFerrari – 2.4 detik

Sebagai satu-satunya mobil yang memiliki nama yang sama dengan mereknya (LaFerrari secara harfiah berarti Sang Ferrari) mobil ini memang membuktikan bahwa ia adalah puncak dari kehebatan pabrikan asal Maranello ini.

Menjadi mobil pertama dalam jajaran kuda berjingrak yang mengadopsi teknologi hybrid, LaFerrari telah menembus banyak rekor.

Dengan sumber tenaga 6.3 L V12 yang ditambah dengan teknologi KERS (Kinetic Energy Recovery System) yang mengeluarkan 963 daya kuda dan teriakan torsi 900Nm pada ban belakangnya!

Porsche-918-Spyder-2.jpg

1. Tesla Model S P100D & Porsche 918 Spyder – 2.2 detik

Singgasana mobil dengan akselerasi tercepat di dunia saat ini harus dibagi dua, karena Tesla Model S P100D dan Porsche 918 Spyder sama-sama memiliki kecepatan 2.2 detik.

Walau begitu Model S sebenarnya “hanya” menembus 2.28 detik, sedangkan Porsche 918 mencapai angka 2.2 detik bulat. Tetapi pencatatan akselerasi pada Model S sedikit berbeda karena mobil elektrik ini memiliki dstribusi tenaga yang berbeda dengan mobil dengan mesin kombusi konvensional.

Oleh karenanya Model S mungkin dapat menembus angka lebih dari 2.2 detik dengan kondisi yang lebih baik. Model S memiliki tenaga keseluruhan elektrik yang menghasilkan 762 daya kuda dan torsi 931Nm. Sedangkan Porsche 918 Spyder mengadopsi teknologi hybrid 4.6 L V8, yang berotot 887 daya kuda dan 1280Nm.

Kedua mobil ini kini tengah khawatir dengan munculnya Tesla Roadster yang digosipkan mampu menembus kecepatan cahaya, yaitu kurang dari 2.0 detik!

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password