5 Modifikasi yang Dianggap Sudah Ketinggalan Jaman

5 modifikasi ketinggalan jaman

5 Modifikasi Ketinggalan Jaman – Modifikasi memiliki jangka atau masa waktu. Tidak ada modifikasi yang sungguh-sungguh keren yang mampu bertahan lama. Mudahnya, modifikasi yang mungkin kita anggap keren pada masa sekarang suatu saat akan tidak keren lagi, ketinggalan jaman, kuno, dan lain sebagainya. Namun jangan khawatir. Tren modifikasi berkembang layaknya tren pakaian. Jadi semisal tren tersebut telah usang namun sewaktu-waktu dapat terangkat kembali entah kapan. Nah, berikut kita akan membahas beberapa tren yang telah dianggap kurang sesuai pada masa sekarang.

  • Underglow Neon atau Lampu Neon Bawah
Lampu Neon Bawah
Sumber : neonlaws,com

Tren memasang lampu neon ini muncul sekitar tahun 90an dan mengalami puncaknya saat munculnya film-film awal Fast and Furious dan game Need for Speed: Underground atau Need For Speed: Underground 2. Memasang lampu neon bawah memang menjadikan kendaraan tampil kece pada masa tersebut. Keuntungan dari pemasangan neon tersebut adalah kendaraan kita nampak glowy saat malam sekaligus memberikan penerangan tambahan yang tentunya memberi manfaat. Namun tren ini tidak dapat terus-menerus berlanjut. Adapun kerugian dari pemasangan neon ini adalah kendaraan menjadi boros kelistrikan sehingga mengganggu kinerja mesin. Pemasangan neon pada bagian bawah kendaraan juga memiliki risiko konslet yang tentunya berbahaya. Perawatannya pun juga cukup sukar yakni sel neon mudah rusak atau mati akibat goncangan, hujan, ataupun faktor-faktor lain yang menyebabkan kinerja lampu tidak maksimal.

  • Paintbrush Berlebihan
Paintbrush Berlebihan
Sumber : architecturesideas,com

Paintbrush yang dimaksud di sini adalah seni melukis bodi kendaraan dengan aneka gambar yang mempercantik rupa kendaraan. Dengan memberi sentuhan paintbrush kita sesungguhnya telah memberikan nilai seni kepada kendaraan kita. Sentuhan paintbrush memberisentuhan rupa yang menarik dan bernilai seni. Namun pemerhati otomotif saat ini cenderung menganggap upaya seni ini telah ketinggalan jaman. hal ini dikarenakan pada kendaraan yang menjadi objek paintbrush lebih nampak seperti kendaraan-kendaraan hiburan pasar malam. Padahal seni paintbrush ini dinilai ckup tinggi. Coba bayangkan, untuk menggambar di bidang kendaraan yang cenderung berlekuk-lekuk ini dibutuhkan skill melukis yang tinggi serta waktu yang tidak sedikit. Pelukis tidak boleh melakukan kesalahan dalam hal ini.

  • Roof Scoop
Roof Scoop
Sumber : seriouswheels,com

Roof scoop memiliki fungsi memberi tiupan udara pada bagian kabin kedaraan. Hal inilah yang menjadikan beberapa mobil balap memiliki  roof scoop di kendaraan mereka. Roof scoop ini sangant berguna bagi pembalap reli. Sebagaimana yang telah kita ketahui, balap reli umumnya melewati jalur-jalur alam yang ekstrim. Memasang roof scoop ini membuat bagian interior kendaraan memiliki tekanan udara yang rendah sehingga debu dan pasir tidak mudah masuk di dalamnya. Hal ini membantu pembalap dan navigator di dalamnya. Tren ini pun dipakai oleh konsumen otomotif umum untuk mempercantik kendaraannya. Setelah sekian lama, tren ini akhirnya hilang karena memasang roof scoop sebagai hiasan ini sudah usang dan dianggap memalukan. Kini roof scoop hanya digunakan oleh pembalap-pembalap profesional.

  • Hood Scoop
Hood Scoop
Sumber : reddit,com

Hood scoop memiliki fungsi untuk memberi jalan masuk tambahan kepada udara ke mesin. Hal ini dgunakan untuk mendinginkan mesin sekaligus untuk menabrak udara yang ada di atmosfer. Beberapa kendaraan sudah memberikan roof scoop ini pada rancangan dasarnya. Beberapa orang yang mencoba memberi tambahan modifikasi ini namun tidak terlalu memahami kebutuhan kendaraan mereka. Alih-alih memberi udara, mesin menjadi cepat rusak akibat kehujanan.

  • Sistem Audio Berlebihan
Sistem Audio Berlebihan
Sumber : cemaudioedge,com

Demi kualitas suara yang maksimal, banyak orang memodifikasi fasilitas hiburan ini. Sistem audio dipasangkan untuk memberi daya pikat pada kendaraan. Namun untuk jaman sekarang daya tarik ini kurang mengena. Sistem suara arau sistem audio berlebihan ini kini lebih nampak seperti norak ketimbang keren. Adapun sistem audio berlebihan yang belum mandiri juga membebani kinerja pelistrikan kendaraan. Disamping itu mendengarkan musik keras-keras saat mengemudi dianggap berbahaya.

  • Scissor Doors
Scissor Doors
Sumber : youtube,com

Scissor doors atau pintu gunting memang tampak elegan. Hal ini dikarenakan alternatif cara membuka pintu ini berbeda, tidak seperti pintu convensional pada umumnya. Model pintu ini biasanya diterapkan pada kelas-kelas mobil sport mewah atau mobil-mobil eksotik. Memodifikasi kendaraan biasa dengan model pintu ini dianggap keren dahulunya. Sekarang? Alih-alih keren, kita hanya akan dianggap sok keren.

Lantas apakah modifikasi tersebut harus kita tinggalkan? Tentu tidak. Tren selalu memiliki titik balik yang akan kembali lagi. dengan kata lain tren ini akan kembali muncul dan berulang kembali pada suatu waktu. Hanya masalah waktu saja yang membuat kita harus bersabar.

Sumber Featured Image : deviantart,net

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password