5 Tips Mudah Merawat Jok Mobil Kulit

5 Tips Mudah Merawat Jok Mobil Kulit

Jok mobil adalah salah satu elemen yang paling penting pada interior mobil. Karena jok digunakan sebagai tempat duduk penggunanya selama berada di mobil. Maka jok juga dapat menjadi salah satu faktor penentu saat akan membeli mobil. Para pengendara biasanya akan menginginkan jok yang nyaman digunakan saat berkendara. Nah, kamu tentunya juga menginginkan jok mobil yang terlihat mewah kan?

Lalu, kalau kamu bertanya, cara apa saja yang dapat dilakukan supaya interior mobil menjadi lebih nyaman dan terlihat mewah? Jawaban yang pertama adalah dengan menggunakan jok kulit sebagai bahan pelapis jok mobil.

Namun, memang dari kedua jenis jok kulit mobil pilihan, baik itu jok kulit sintetis atau jok kulit asli, keduanya membutuhkan perawatan. Dengan perawatan yang apik, jok kulit mobil akan menjadi lebih awet dan tentunya selalu bersih. Nah, agar jok mobil selalu terlihat bersih dan seperti baru, simak dulu tips perawatan jok kulit mobil berikut ini:

  1. Siapkan peralatan

Jok mobil kulit dengan aksen merah. (Foto: Pexels)
Jok mobil kulit dengan aksen merah. (Foto: Pexels)

Alat yang harus pertama kali disiapkan adalah peralatan untuk membersihkan jok kulit mobil seperti vacuum cleaner, sikat, lap microfiber, leather cleaner, dan leather conditioner.

  1. Sedot dengan vacuum cleaner

5 Tips Mudah Merawat Jok Mobil Kulit
Jok mobil kulit membuat tampilan mobilmu lebih mewah. (Foto: Pexels)

Kedua, gunakan vacuum cleaner agar debu dan kotoran yang ada pada jok mobil terangkat. Lalu, pastikan jangan sampai ada kotoran, debu, maupun sampah yang tertinggal karena mobil yang kotor dapat berubah menjadi tempat tinggal berbagai serangga kecil.

Jika masih ada bagian yang sulit diraih oleh vacuum cleaner, Sobat Shopee dapat menggunakan sikat untuk membersihkan kotoran dan debu di sela-sela jok mobil. Jika tidak ada vacuum cleaner, lap microfiber yang lembab juga dapat digunakan sebagai pengganti vacuum cleaner.

  1. Semprotkan leather cleaner

5 Tips Mudah Merawat Jok Mobil Kulit
Tekstur jok mobil kulit dari dekat. (Foto: Pexels)

Baca juga : Trik Membersihkan Jok Mobil Berbahan Kain atau Fabric

Langkah selanjutnya adalah menyemprotkan leather cleaner pada jok mobil, terutama pada bagian jok tempat duduk. Semprotkan leather cleaner ini secara perlahan dan bertahap, kemudian gunakan lap microfiber kering untuk menggosokkan leather cleaner tersebut secara perlahan dengan gerakan searah.

Jangan lupa untuk selalu melakukan langkah ini secara bertahap karena jika leather cleaner tersebut sudah lebih dulu mengering, bekas noda akan muncul pada bagian tersebut. Lalu, jika ada noda yang cukup bandel menempel pada jok kulit, semprotkan kembali leather cleaner dan beri sedikit tekanan saat menggesek nodanya.

  1. Semprotkan leather conditioner

5 Tips Mudah Merawat Jok Mobil Kulit
Jok mobil kulit bersih sempurna. (Foto: Pexels)

Baca juga : Tips Menjaga Jok Mobil Tetap Bersih Dan Kinclong Setiap Saat

Setelah leather cleaner telah selesai disemprotkan, Sobat Shopee dapat menyemprotkan leather conditioner. Pastikan bahwa leather conditioner yang telah disemprotkan pada jok mobil sudah tersebar merata. Penggunaan leather conditioner ini sangat penting digunakan dalam perawatan mobil untuk menghindari keretakan pada jok mobil kulit, dan untuk menjaga warna agar tetap awet seperti baru.

Jika sudah menyemprotkan leather conditioner, tunggu 4 sampai 6 jam agar leather conditioner tersebut menyerap ke dalam jok mobilnya. Jika sudah menyerap, gunakan lap microfiber kering untuk menggosok jok mobil secara perlahan dan searah.

  1. Gunakan sun visor

5 Tips Mudah Merawat Jok Mobil Kulit
Sun visor untuk melindungi jok mobil kulit. (Foto: Pexels)

Hal terakhir yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan sun visor terutama saat lama parkir dibawah terik matahari. Penggunaan sun visor akan membantu menutupi jendela agar panas sinar matahari tidak langsung masuk mengenai jok kulit.

Jok kulit masih menjadi favorit banyak orang untuk melindungi jok mobilnya karena perawatannya yang lebih mudah dibanding jenis jok lainnya. Seperti yang telah disebutkan di atas, ada dua jenis jok kulit, yaitu jok kulit sintetis dan jok kulit asli yang masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Dilihat dari harganya, jok kulit sintetis dijual dengan harga yang lebih murah, namun warnanya lebih cepat pudar dan tempat duduknya kurang nyaman karena timbul rasa panas dari tempat duduknya. Sebaliknya, harga jok kulit asli sedikit lebih mahal, warnanya akan jauh lebih awet, dan tempat duduknya lebih nyaman karena tidak menimbulkan rasa panas meskipun duduk lama.

Nah, itulah 5 tips mudah untuk merawat jok kulit mobil. Jangan lupa untuk selalu rutin melakukan perawatan jok mobil kulit secara rutin, minimal dua bulan sekali untuk mendapatkan jok yang bersih seperti baru. Bila kamu mencari penawaran jok mobil kulit dengan harga bervariasi, Shopee menyediakan banyak pilihan produk jok kulit berkualitas tinggi untuk dipertimbangkan.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password