Aroma Terbakar Dalam Mobil? Ini 6 Sumber Yang Perlu Anda Tahu

sumber aroma terbakar dalam mobil

Otorev.com – Untuk lebih menunjang kenyamanan berkendara, wangi-wangian di dalam kabin mobil bisa jadi pilihan Anda. Aroma yang menenangkan dan membuat rileks bisa jadi membuat pikiran Anda makin santai dan tidak tegang. Tapi pernahkan Anda mencium aroma terbakar ketika berkendara?

Tentu ini sangat membuat waktu berkendara Anda tidak nyaman. Lebih lanjut, sebaiknya Anda mengetahui penyebab aroma tidak enak ini. Setidaknya cukup untuk mendeteksi dari mana sumbernya. Berikut tim Otorev sajikan enam bagian mobil yang bisa jadi sumber aroma kurang menyenangkan tersebut.

 

1. Rem yang Panas

Rem yang digunakan terus menerus pada satu waktu berkendara, akan mengalami peningkatan suhu. Terlebih jika digunakan secara berlebihan dan memaksa, maka bisa jadi rem menimbulkan aroma terbakar karena suhunya terlalu tinggi. Ini awam terjadi ketika Anda melewati jalan yang menurun dan panjang sehingga Anda harus mengendalikan kecepatan mobil dengan terus mengerem.

 

2. Kampas Kopling

Bagian kopling dapat menimbulkan aroma terbakar ketika bagian muka dari kopling terbakar atau mengalami selip. Bagian muka kopling berbahan seperti kertas, sehingga ketika terbakar akan tercium seperti kertas koran yang terkena api. Untuk mengurangi potensi munculnya bau ini, ada baiknya Anda memastikan penggunaan kopling yang halus dan menjaga kebersihannya.

 

3. Arus Pendek

Sirkuit listrik juga dapat menghasilkan aroma terbakar yang tidak sedap. Hal ini terjadi ketika sambungan pendek listrik mengalami overload. Aromanya tercium seperti plastik terbakar. Ketika tercium bau ini, segera matikan mesin dan pastikan bagian yang terbakar cepat diperbaiki agar kerusakan tidak menjalar ke bagian lain.

 

4. Karet Terbakar

Bau ini bisa muncul ketika koeadaan roda mobil Anda terlalu panas. Suhu roda bisa meningkat ketika Anda berbelok dengan kecepatan yang cukup tinggi sehingga mendorong roda untuk menggesek aspal dengan lebih sering. Pada kondisi ekstrim, dorongan yang eksesif semacam ini bisa membuat roda Anda menyala karena terbakar.

 

5. Bau Minyak Terbakar

Ini bisa terjadi ketika ada setetes minyak atau oli yang jatuh pada permukaan panas di dalam bagian mesin. Meski seringnya tidak menjadi masalah besar, ada baiknya Anda memeriksa dan memastikan bagian apa yang menjadi penyebabnya.

 

6. Penghangat Mobil

Bau yang biasanya muncul adalah aroma debu atau kotoran terbakar. Ini awam terjadi ketika Anda kurang bisa menjaga kebersihan mobil dan perangkat di dalamnya. Meskipun seringnya hanya tercium sesaat (karena debu kemudian akan lekas hilang), tapi ketika mencium bau seperti ini cukup lama, ada baiknya Anda memeriksa saluran udara dalam mobil Anda untuk memastikan tidak ada kotoran berat yang tersangkut.

Aroma tidak menyenangkan ini tentu akan menjadi pengganggu ketika Anda berkendara. Terlebih jika berada dalam perjalanan jauh. Untuk itulah sebaiknya Anda mempersiapkan mobil Anda sebelum melakukan perjalanan jauh ataupun dekat. Selain menjaga performa, dengan mobil yang prima Anda juga akan merasa nyaman ketika berkendara.

Untuk menjamin kenyaman berkendara Anda, Lexus, salah satu produsen mobil premium asal Jepang, memberikan layanan Lexus Mobile Concierge Service (LMCS), berupa layanan servis yang bisa Anda nikmati di rumah. Tim LMCS akan mendatangi rumah Anda dan menyelesaikan masalah pada mobil Lexus Anda sehingga Anda dapat berkendara tanpa menghirup bau-bau yang tidak sedap.

Sumber gambar: kemudiku, gmauthority, justanswer, autobytel, lifewire, parksidemotors, yourmechanic, news.okezone

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password