6 Tips Praktis Merawat Lampu Mobil Supaya Tetap Awet

tips praktis merawat lampu mobil

Otorev.com – Lampu adalah komponen yang sangat penting bagi setiap mobil. Pasalnya, lampu tidak hanya berhubungan dengan penampilan tetapi juga keselamatan. Lampu yang berfungsi dengan baik tidak hanya membuat mobil Anda tampil prima tetapi juga menjamin keselamatan berkendara.

Sayangnya, banyak pemilik mobil yang abai pada perawatan lampu mobil. Padahal merawat lampu mobil tidak sesulit yang dibayangkan. Berikut adalah enam tips praktis merawat lampu mobil yang bisa Anda praktekkan sendiri di rumah.

 

1. Gunakan Bola Lampu Sesuai Standar

Tips pertama merawat lampu mobil supaya tetap awet adalah menggunakan bola lampu sesuai standar. Gunakanlah bola lampu yang direkomendasikan oleh pabrikan mobil Anda. Penggunaan bola lampu dengan daya yang lebih tinggi akan membuat bola lampu lebih panas hingga warnanya berubah menjadi kekuningan. Selain itu, bola lampu dengan daya di atas standar juga akan membuat sistem kelistrikan mobil Anda bekerja lebih berat.

 

2. Perhatikan Karet Penutup Bola Lampu

Tips merawat lampu mobil supaya tetap awet selanjutnya adalah dengan memperhatikan karet penutup bola lampu. Pastikan karet penutup bola lampu masih dalam kondisi baik. Ganti karet penutup bola lampu jika sudah getas atau robek. Pasalnya, karet penutup bola lampu yang sudah getas atau robek dapat menyebabkan masuknya debu dan kotoran pada rumah lampu dan membuatnya tampak kusam.

 

3. Perhatikan Segel Penutup Mika

Tips merawat lampu mobil supaya tetap awet berikutnya adalah dengan memperhatikan segel penutup mika lampu. Segel ini sangat mudah dilihat karena berada pada bagian luar rumah lampu. Pastikan segel dalam kondisi baik. Pasalnya, segel yang rusak akan menyebabkan air, debu, dan kotoran lainnya masuk ke dalam rumah lampu. Rapikan segel jika tampak kendor. Namun, jika segel sudah rusak, segera ganti dengan yang baru.

 

4. Jaga Kebersihan Kap Mesin Mobil

Jika mesin mobil Anda berada di depan. Menjaga kebersihan kap mobil merupakan salah satu tips merawat lampu mobil supaya tetap awet. Pasalnya kotoran pada kap mesin bisa menerobos masuk ke lampu mobil dan membuatnya kusam. Bersihkan kap mobil secara berkala. Pastikan pula tidak ada kotoran yang masuk melalui celah-celah lampu.

 

5. Parkir di Tempat Teduh

Paparan sinar matahari yang berlebihan juga bisa membuat lampu mobil menjadi kekuningan. Untuk itu parkirlah mobil Anda di area yang teduh. Ini adalah salah satu tips merawat lampu mobil supaya tetap awet. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan wax atau cairan anti UV untuk melindungi lampu mobil Anda dari paparan sinar matahari.

 

6. Cuci Bagian Luar Lampu Setelah Terkena Hujan

Sebagaimana telah diketahui, air hujan bisa berdampak buruk pada mobil, termasuk pada lampu. Air hujan yang mengering dengan sendirinya bisa meninggalkan bercak yang membuat lampu mobil menjadi kotor dan kusam. Untuk itu cucilah bagian luar lampu mobil Anda setelah terkena hujan. Gunakan air bersih untuk mencucinya, setelah itu jangan lupa lap hingga benar-benar kering.

Itulah enam tips praktis merawat lampu mobil yang bisa Anda praktekkan di rumah. Dengan melakukan keenam tips tersebut, lampu mobil Anda akan tetap awet. Bicara soal perawatan, tidak hanya mobil biasa saja yang membutuhkan perawatan. Mobil mewah juga membutuhkan perawatan.

Jika Anda mendambakan mobil mewah dengan perawatan mudah, Lexus bisa menjadi pilihan Anda. Pasalnya, mobil keluaran Lexus dibekali dengan layanan purna jual yang lengkap. Tidak hanya service center yang mudah dijangkau dan suku cadang yang mudah didapatkan, mobil keluaran pabrikan asal Jepang ini juga dilengkapi dengan layanan konsumen yang siap menjawab pertanyaan Anda via telepon setiap saat.

Sumber gambar: lexus, aliexpress, youtube=4b3biX5zaKc, illinoisvehicle, youtube=wojVK8FvaPA, pinterest, videoblocks

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password