7 Modifikasi Ringan yang Membuat Mobilmu Tampil Beda

7 Modifikasi Ringan

7 Modifikasi Ringan – Modifikasi merupakan budaya otomotif yang mengakar kuat pada pemerhati otomotif. Modifikasi dilakukan semata-mata untuk memberi kepuasan bagi pemilik kendaraan. Modifikasi juga merupakan sarana ekspresi dan seni berkendara. Modifikasi kendaraan meliputi tampilan dan performa.

Tren modifikasi ini sudah ada sejak awal munculnya kendaraan. Saat produsen kendaraan menawarkan nilai kendaraan secara tetap, modifikasi memberi nilai lebih terhadapnya. Hal ini bukan berarti produsen kendaraan tidak berbuat apapun terhadap suatu nilai kendaraan. Apapun kendaraannya pastilah memiliki nilai. Namun nilai-nilai tersebut tidaklah selalu dapat memuaskan pemerhati otomotif. Untuk memuaskan hasrat pemerhati otomotif ini lah modifikasi dilakukan.

Tatkala performa berupaya membawa pengendara mendapatkan sensasi kendaraan bertenaga, penampilan dibutuhkan untuk mendapatkan kebutuhan estetis bagi pemerhati otomotif. Modifikasi penampilan dilakukan untuk mengubah wujud kendaraan agar sesuai dengan keinginan pengendara.

Modifikasi penampilan ini terbagi menjadi dua yakni fungsional dan kosmetik. Modifikasi fungsional ini membantu performa kendaraan. Sebagai contoh pemasangan bodi kit dan spoiler yang tentunya membantu performa kendaraan saat melaju di kecepatan tinggi.

Sedangkan modifikasi kosmetik dilakukan untuk mempercantik tampilan kendaraan. Mudahnya, modifikasi kosmetik lebih mengarah pada tujuan estetika kendaraan secara murni.

Nah, kali ini kita akan membahas beberapa modifikasi sederhana yang akan mempercantik kendaraaan kamu. Modifikasi yang dilakukan ini sangat terjangkau dan mudah untuk diterapkan.

  • Tutupi Lampu dengan Stiker Bening
modif lampu mobil dengan stiker
Sumber : youtube,com

Mengubah tampilan lampu dengan stiker bening ini membawa keuntungan ganda. Pertama kita akan mendapatkan tampilan yang berbeda pada bagian lampu kendaraan kita yang tentunya makin cantik. Kedua, kaca pada lampu kita menjadi terlindungi dari paparan sinar matahari langsung yang dapat mengkusamkan lampu kita. Untungnya lagi, bila ada kecelakaan, pecahan lampu ini tidak akan terlalu berserakan di jalan karena tertahan oleh stiker ini.

  • Pasang Bumper Protector atau Bumper Lips
Pasang Bumper Protector
Sumber : amazon,com

Memasang bumper protector atau bumper lips ini pun juga membawa keuntungan ganda. Pertama, kita akan mendapat tampilan yang lebih cantik di kendaraan kita, kedua, bemper kita menjadi lebih terhindar dari kerusakan karena dilindungi oleh bumper protector atau bumper lips.

  • Warnai Caliper
Warnai Caliper
Sumber : ncashop,com

Bagi mobil biasa bagian caliper biasanya hanya memiliki warna-warna yang membosankan. Dngan mewarnai caliper dengan warna-warna tertentu seperti merah atau kuning akan membuat tampilan kendaraan anda nampak stylish dan sporty. Dengan memberi warna cerah atau cenderung kontras ini juga akan memberi dampak penampakan detil-detil kendaraan yang biasanya diabaikan orang-orang.

  • Pasang cover tutup tangki
cover tutup tangki
Sumber : nengun,com

Tutup tangki kendaraan biasanya memiliki wujud yang sama dengan kendaraan alias memiliki warna cat yang sama dengan bodi mobil. Dengan memberi cover ini, pada bagian tutup tangki akan nampak beda dan manis. Memasang cover tutup tangki ini juga membantu kita mengingat letak tutup tangki kendaraan.

  • Pasang stiker ban
stiker ban
Sumber : tirestickers,com

Ban biasanya hanya berwujud seperti donat besar berwarna hitam dan menjadi “sepatu” kendaraan kita. Ban yang hanya sekedar hitam mulus saja pasti membosankan. Cobalah memasang stiker ban yang berwarna kontras dari ban kita. Hal ini akan menambah daya pikat visual kendaraan. Kendaraan akan tampil lebih stylish dan sporty.

  • Ganti Velg atau Warnai pelek kendaraan

ganti velg

Beberapa orang cenderung memilih pelek baru untuk memberi nuansa baru pada kendaraannya. Hal ini tidaklah salah. Namun alih-alih membeli pelek yang berkualitas banyak orang justru malah membeli pelek abal-abal yang berharga miring. Hal ini justru berbahaya bagi kendaraan dan kita sebagai pengendara bahkan orang-orang lain di sekitar kendaraan kita. Namun tidak masalah apabila kita memang mendapat pelek berkualitas namun dengan harga miring. Atau kita dapat mencoba alternatif lain yakni dengan mewarnai pelek kendaraan kita dengan cat. Nah, tentunya kita harus berhati-hati mengecatnya.

  • Pasang Coilovers

Coilovers

Memasang coilover memberi dampak keuntungan ganda bagi kendaraan kita. Dengan coilover kita dapat menyesuaikan tinggi kendaraan kita. Penampilan kendaraan yang menggunakan coilover akan cenderung lebih rendah. Hal ini memberi kesan kendaraan yang lebih sporty. Keuntungan lain adalah performa kendaraan yakni pada pengendalian akan meningkat. Dengan coilover ini kita dapat melaju di tikungan dengan kecepatan tinggi tanpa kehilangan pengendalian kendaraan kita.

Nah, demikianlah beberapa tips modifikasi ringan yang dapat kita terapkan pada kendaaan kita. Adapun beberapa orang akan repot-repot memasang knalpot bersuara keras namun tidak mempengaruhi performa. Buat apa coba? Alih-alih nampak ngebut namun ternyata performa tidak mengesankan malah membuat pengemudi tersebut nampak memalukan. Semoga tips modifikasi ringan ini menambah informasi bahkan menginspirasi kita untuk membuat kendaraan kita tampil beda dan bergaya.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password