Air Masuk ke Knalpot Mobil, Bagaimana Jadinya?

Otorev – Air Masuk ke Knalpot Mobil – Indonesia adalah salah satu negara yang hidup dalam 2 musim, yakni musim hujan dan musin kemarau. Saat musim hujan, intensitas hujan yang lebat seringkali menyebabkan banjir di beberapa daerah. Disaat yang seperti ini, air akan menggenangi jalanan bahkan hingga ke rumah-rumah.

Saat air membanjiri jalanan, banyak pengendara mobil yang nekat untuk menerjangnya. Alhasil membuat performa kinerja mobil menjadi berat. Selain itu, ada kalanya air hujan yang kotor akan masuk ke knalpot mobil. Ketika yang demikian ini terjadi, apa yang harus dilakukan?

Tak Perlu Panik saat Air Masuk ke Knalpot Mobil

Air Masuk ke Knalpot Mobil

Air hujan yang kotor saat banjir, memang bisa saja menjadikan kinerja mobil menjadi lebih berat, baik itu karena berefek pada mesin ataupun pada kelistrikannya. Tetapi bagaimana jika genangan air hujan yang kotor bisa masuk ke knalpot mobil?

Jika yang demikian ini terjadi, Anda tak perlu terlalu khawatir dan panik. Karena pada dasarnya air yang masuk ke knalpot tidak akan terus masuk ke ruang pembakaran. Air tersebut akan secara otomotis terdorong keluar saat mesin dihidupkan.

Lantas, mengapa kinerja mesin jadi terganggu akibat hal tersebut?

Untuk kondisi ini mungkin saja air yang masuk tertampung di catalyc converter. Ini adalah bagian kenalpot yang biasanya berada dibawah kolong mobil. Fungsinya adalah untuk menyaring gas buang yang dihasilkan oleh pembakaran.

Saat air tertampung di bagian knalpot tersebut, maka akan membuat mesin seakan lebih berat kinerjanya. Tetapi, seiring mesin dihidupnya air akan mulai menguap hingga habis dikarenakan panas yang ditimbulkan oleh gas buang hasil pembakaran.

Tetapi ini berlaku untuk intensitas air yang masuk ke knalpot tidak terlalu banyak. Sebaliknya, genangan air yang cukup tinggi dan ditambah lagi saluran hisap udara untuk pembakaran yang posisinya cukup rendah akan membuat air masuk ke ruang pembakaran tersebut.

Jika hal yang demikian ini terjadi, maka akan membuat air bercampur dengan oli dan akan menjadikannya berwarna putih. Untuk itu, segera lakukan pembuangan air dan ganti olinya.

Demikian tadi informasi mengenai air yang masuk ke knalpot mobil yang bisa kami bagikan kepada Anda semua. Semoga informasi diatas bermanfaat.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password