Oli Kendaraan Harus Diganti Secara Berkala, Ini Jadinya Jika Sampai Telat Ganti Oli

Otorev.com – Akibat Telat Ganti Oli – Idealnya, oli kendaraan diganti setiap 2000 km sekali. Namun karena beberapa hal, tidak sedikit pemilik kendaraan yang menundanya. Jika hanya menunda beberapa ratus km mungkin tidak terlalu bermasalah. Meski demikian, tetap saja ada risiko yang menanti di depan sana.

Lagi pula saat ini membeli oli bisa dengan cicilan. Aplikasi akulaku memungkinkan hal tersebut. Tentu saja, ini masih jauh lebih baik dibandingkan dengan risiko berikut ini.

Beberapa Akibat Telat Ganti Oli Kendaraan

Akibat Telat Ganti Oli

1. Performa Mesin Menurun

Semakin lama digunakan, oli akan semakin mengental. Fungsi pelumasannya juga menurun. Ini membuat komponen dalam mesin kendaraan bekerja lebih keras. Mesin pun jadi terasa lebih kasar. Jika kondisi ini tidak segera diatasi dan oli segera diganti, lama-lama performa mesin akan menurun bahkan sulit dinyalakan waktu pertama kali.

2. Bensin Jadi Lebih Boros

Oli yang tidak diganti secara teratur bisa menyebabkan gesekan antar komponen mesin jadi lebih besar. Ini membuat kinerja mesin jadi semakin berat. Akibatnya, penggunaan bensin jadi lebih boros dibandingkan dengan biasanya. Tidak hanya itu saja. Mesin jadi lebih mudah panas. Tentu saja ini bisa jadi masalah jika sampai terjadi overheating. Daripada menanggung risiko seperti ini, jauh lebih baik jika membeli oli dengan cicilan di aplikasi akulaku.

3. Mesin Jadi Cepat Rusak

Mungkin ini dampak yang paling ditakutkan oleh pemilik kendaraan. Keterlambatan mengganti oli yang dilakukan secara berulang-ulang bisa membawa masalah yang jauh lebih serius bagi mesin kendaraan. Komponen mesin yang saling bergesekan tanpa pelumasan tidak hanya memberi beban lebih pada mesin kendaraan. Gesekan yang terjadi juga bisa merusak komponen-komponen tersebut. Inilah yang akhirnya membuat mesin jadi cepat rusak.

Menghindari risiko-risiko di atas sebenarnya sederhana. Ganti oli secara teratur. Usahakan untuk melakukan penggantian oli setiap 2000 km sekali. Jika memang tidak bisa tepat waktu, setidaknya jangan terlambat terlalu lama. Kini beli oli kendaraan juga jauh lebih mudah. Bahkan kamu bisa membelinya dengan cicilan. Ingin tahu bagaimana caranya? Download aplikasi akulaku dan segera ajukan kredit pertamamu.

Dapatkan promo menarik dari AkuLaku Indonesia.

Caranya mudah, isi form dibawah ini dengan lengkap!

*
*

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password