Anti-Lock Braking System, Fitur Pengaman Pada Mobil Anda

Anti-Lock Braking System

Anti-Lock Braking System – Berkendara dengan kecepatan tinggi, tentu menjadi satu kesenangan tersendiri yang bisa Anda lakukan di jalanan yang nampak sepi. Meski demikian, memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi harus disertai dengan kewaspadaan yang tinggi dan refleks yang tinggi pula.

Hal ini dikarenakan ketika kendaraan Anda melaju dengan kecepatan tinggi, maka jika ada objek yang menghalangi mobil Anda perlu jarak tertentu agar benar-benar bisa berhenti.

Meskipun menyenangkan, berkendara dengan kecepatan tinggi sangat tidak disarankan. Berkendara dengan kecepatan tinggi memiliki banyak resiko yang harus Anda waspadai. Mulai dari munculnya objek yang harus dihindari, ban yang tergelincir, hingga kehilangan kontrol pada mobil Anda.

Untuk bisa berkendara dengan kecepatan yang tinggi, Anda harus memiliki dua hal di atas tadi, juga tentunya rem yang berfungsi sangat baik.

Teknologi pengereman juga telah berkembang sedemikian rupa. Kini standar pengereman yang disematkan pada mobil keluaran terbaru disebut dengan ABS atau Anti-Lock Braking System. ABS merupakan fitur pengamanan yang digunakan untuk menghindari tergelincirnya kendaraan akibat rem yang diinjak secara mendadak.

Sistem kerja ABS sendiri pada dasarnya adalah membantu Anda untuk menghentikan kendaraan atau mengurangi kecepatan secara signifikan dalam waktu yang singkat, dengan meminimalisir potensi terjadinya ban yang tergelincir.

Secara otomatis ketika rem diinjak dengan mendadak, ABS akan berfungsi dan mencegah agar rem tidak terkunci pada posisi tertutup, yang mana akan menghentikan putaran roda secara mendadak.

Berhentinya putaran roda secara mendadak pada kecepatan tinggi inilah yang sering menjadi penyebab mobil tergelincir dan terjadi kecelakaan. Keberadaan ABS pada mobil Anda, tentu akan sangat membantu ketika Anda harus mengurangi kecepatan atau berhenti mendadak.

Meski keberadaan ABS telah diterapkan sejak lama pada beberapa tipe mobil, tentu ini bukan menjadi alasan untuk Anda agar dapat berkendara pada kecepatan tinggi. Dengan fitur pengeamanan yang lebih baik, Anda juga tetap harus menjaga kewaspadaan Anda dalam berkendara.

Salah satu mobil yang telah menerapkan sistem ABS sejak lama adalah Toyota Fortuner. Mobil SUV pabrikan Toyota ini, dengan badan yang besar, telah dilengkapi dengan ABS sejak tahu 2012 silam. Tentu saja, Toyota Fortuner keluaran terbaru, yakni Toyota All New Fortuner TRD Sportivo juga memiliki fitur kemanan yang lebih baik lagi.

Dengan fitur pengamanan yang terus ditingkatkan, All New Fortuner tentu akan menjamin keselamantan Anda dalam berkendara, baik dalam kecepatan sedang maupun jika terpaksa harus dengan kecepatan tinggi.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password