Peraturan-Peraturan Pada Ajang Balap Slalom

Balap Slalom

Balap Slalom – Bagi pecinta otomotif Indonesia pastilah tidak asing dengan istilah slalom. Ya, balapan yang nampaknya hanya meliuk-liuk dan berputar-putar di area parkir ini merupakan cabang olahraga yang ditemukan oleh Soebronto Laras, Helmi Sungkar, dan Arief Hidayat pada tahun 1980.

Olahraga ini merupakan ajang adu kecepatan dengan saling bersaing untuk memperoleh waktu tercepat. Pembalap saling beradu kecepatan dan ketepatan dalam mengemudikan mobilnya, meliuk-liuk melewati cone yang ada.

Berdasarkan IMI (Ikatan Motor Indonesia), kendaraan yang digunakan slalom adalah semua kendaraan roda empat yang digunakan oleh masyarakat umum. Pada kejuaraan nasional kendaraan-kendaraan ini haruslah dilengkapi dengan STNK resmi yang dikeluarkan POLRI. Pembagian kelas umumnya didasarkan pada silinder kubik (cc) kendaraan dan kategori yang ada umumnya terbagi atas keahlian (skill), pengalaman (experience), atau umur.

balap mobil slalom
Sumber : sportku,com

Lintasan slalom umumnya berupa cone-cone yang tersebar pada area yang lapang. Lintasan slalom haruslah beraspal. Adapun beberapa lintasan yang beralaskan beton membutuhkan ijin dari IMI. Berdasarkan ketentuan dari IMI lebar lintasan memiliki lebar minimal 4 meter untuk satu arah. Lintasan untuk berputar arah harus minimal 8 meter dan 9 meter untuk lintasan zig-zag. Untuk memutari cone, lebar minimalnya adalah 12 meter.

Cone-cone yang ada pada lintasan slalom ini adalah rintangan bagi pembalap yang harus diselesaikan. Pembalap tidak boleh menjatuhkan cone-cone ini, menjatuhkannya berarti hukuman 2 detik. Pembalap pun tidak boleh salah arah dalam melewati cone, apabila pembalap melanggarnya maka ia akan mendapat BWTM (Batas Waktu Tempuh Maksimum) atau bogey time. BWTM adalah waktu tempuh peserta terlama yang mencapai finish tanpa diperhitungkan penalty.

Kelas-kelas dalam lomba slalom didasarkan pada kapasitas silinder kubik (cc) kendaraan dan terbagi oleh penggerak roda yang dimiliki kendaraan. Berikut ketentuan pembagian kelas yang diatur oleh IMI.

1. Kelas A

balap mobil slalom kelas a
Sumber : asset,kompas,com

Kelas A ini adalah kelas bagi kendaraan dengan penggerak roda depan dengan produksi tahun 2000 ke atas. Di kelas A ini masih terbagi lagi menjadi lima kelas yakni A1, A2, A3, A4, dan A salon. Kelas A1 merupakan kendaraan pengerak roda depan dengan kapasitas mesin 1401 cc hingga 2000 cc, kelas A2 memiliki ukuran yang lebih kecil dari A1 yakni 1201 cc hingga 1400 cc, Kelas A3 dengan kapasitas 1051 cc hingga 1200 cc dan yang paling kecil yakni A4 dengan 1050 cc ke bawah. Untuk kelas A salon perbedaannya adalah kendaraan yang digunakan berpenggerak roda depan dan berbagasi.

2. Kelas B

Untuk kelas B merupakan kelas bagi kendaraan penggerak roda belakang. Kelas B dibagi menjadi 2 kelas, yakni kelas B1 dan B2. Kelas B1 memiliki ketentuan kendaraan yang memiliki silinder kubik diatas 1600 cc sedangkan untuk B2 adalah di bawahnya.

3. Kelas C

balap mobil slalom kelas c
Sumber : dwioktanugroho,files,wordpress,com

Pada kelas C adalah kelas bagi kendaraan penggerak roda depan yang diproduksi sebelum tahun 2000 dan memiliki kapasitas mesin maksimal 2000 cc.

4. Kelas F

balap mobil slalom kelas f
Dokumentasi Pribadi

Untuk kelas F diikuti seluruh kelas A dan yang dimodifikasi dengan keluaran produksi diatas tahun 2000.

5. Kelas G

balap mobil slalom kelas g
Sumber : travelimage,com

Kelas G yang diperuntukkan bagi kendaraan yang tidak masuk kriteria di atas, contohnya mobil 4WD.

Demikianlah informasi tentang slalom yang harus kamu ketahui. Mempelajari teknik slalom sendiri sesungguhnya tidak jauh berbeda dengan teknik drift. Perbedaannya adalah drift mengupayakan kendaraannya meluncur dengan cara ngepot sedangkan slalom lebih nampak seperti meliuk-liuk yang agak ngepot. Dengan informasi ini apakah anda tertarik untuk mempelajari olahraga ini?

Sumber gambar           :

Gambar 1        : Dokumentasi Pribadi

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password