Ingin Beli Ban Mobil Bekas? Ini Bagian Ban yang Harus Diperhatikan

ban mobil bekas

Mengganti ban mobil bekas memang banyak dilakukan oleh pemilik kendaraan. Biasanya dilakukan ketika ban asli dari mobil tersebut mengalami masalah. Agar tidak merusak komponen lainnya, ban perlu diganti. Namun karena biaya ban baru yang mahal, ban mobil bekas pun menjadi alternatif. Tak perlu khawatir, meski membeli ban mobil bekas anda tetap bisa mendapatkan yang berkualitas. Tentu dengan mengecek dulu bagaimana kondisinya. Ketahui bagian ban mobil bekas yang harus diperhatikan sebelum membelinya.

Selain membuat kondisi mobil tetap maksimal, ban bekas yang masih berkualitas tentu akan menguntungkan kita. Telitilah ketika membeli dan pastikan untuk membelinya di tempat yang terpercaya. Ulasan berikut ini akan membuat anda mengerti ada beberapa bagian ban mobil bekas yang harus diperhatikan sebelum membelinya.

Bagian Ban Mobil Bekas yang Harus Diperhatikan Sebelum Membelinya

Ban mobil memang memiliki beberapa fungsi seperti menahan beban mobil. Baik itu penumpang atau barang bawaan kita. Untuk mendukung hal ini tentu tekanan ban mobil haruslah pas agar bisa berfungsi dengan baik. Jika anda ingin membeli ban mobil bekas sebaiknya juga mempertimbangkan barang bawaan pada mobil.

Fungsi lainnya dari ban mobil ini juga untuk penerus tenaga mesin serta tenaga pengereman. Ban mobil di bagian depan bisa menjadi penerus kemudi untuk bisa dibelokkan ke arah kanan atau kiri. Agar resiko kecelakaan tidak semakin besar, segera ganti ban mobil yang sudah rusak atau tidak aman lagi untuk digunakan.

Membeli ban mobil bekas tidaklah salah. Asalkan sebagai pembeli bisa lebih teliti lagi bagaimana komponen dan bagian dari ban yang masih berkualitas. Pertama, perhatikan telapak ban yang sudah dilirik. Pastikan kondisinya tidak sampai rusak atau bahkan terpisah. Telapak ban berguna untuk meredam adanya benturan dan juga benda tajam langsung ke ban.

Kedua, bagian ban mobil bekas yang harus diperhatikan sebelum membelinya adalah pada bead atau bundelan kawat. Bagian ini akan melekat dengan velg ketika dilakukan pemasangan. Sebaiknya pastikan kondisi kawatnya tidak sampai bengkok agar bisa menempel sempurna pada velg dengan maksimal. Jika kondisinya bengkok akan mempengaruhi daya rekat ban dengan velg.

Tips ketiga adalah melakukan pengecekan pada dinding ban. Sebelum membelinya pastikan tidak ada benjolan. Jika ternyata memang ada, sebaiknya pilih ban mobil bekas yang lain. Sebab jika sudah benjol artinya ada lapisan benang yang berfungsi dalam membentuk ban telah terjadi kerusakan.

Bagian ban mobil bekas yang harus diperhatikan sebelum membelinya adalah pada kondisi luarnya. Hindari memiliki yang roplakan atau adanya pengukiran alur ban. Umumnya, ban yang sudah diukir ulang berarti memiliki usia pemakaian yang hampir habis. Bisa juga menandakan bahwa ban bekas tersebut terlalu tua. Pengukiran juga akan membuat dinding utama menjadi lebih tipis. Khawatirnya adalah ketika melaju dengan kecepatan tinggi, ban mobil bisa pecah dan membahayakan keselamatan pengemudi.

Tidak hanya pada bagian – bagian yang sudah disebutkan saja. Namun ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan pada tekanan angin ban. Sebab, ban yang kekurangan angin tentu bisa menjadikan permukaan ban tidak menapak dengan rata terhadap medan jalan. Hal ini yang menyebabkan gaya gesek pada jalan bisa semakin besar. Jika kondisi angin pada ban berkurang maka efeknya adalah bisa mengalami panas yang berlebihan dan berpotensi meledak.

Cek bagian ban mobil bekas yang harus diperhatikan sebelum membelinya. Tentu untuk menghindarkan kita dari penipuan. Juga untuk menghindarkan mobil kita dari kerusakan komponen lainnya jika ban mobil bekas tersebut berkualitas rendah.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password