Ban Serep Juga Butuh Perawatan, Begini Caranya

ban serep juga butuh perawatan

otoRev.com – Ban Serep Juga Butuh Perawatan – Wajib hukumnya bagi kamu untuk membawa ban serep terutama jika bepergian menggunakan mobil. Bagaimana tidak? Kamu pasti akan kerepotan misalnya ban mobil kamu bocor ataupun pecah di tengah perjalanan. Mobil tidak seperti motor yang bisa didorong. Repot banget deh pastinya.

Meskipun fungsinya sebagai ban cadangan, ban serep juga butuh perawatan seperti layaknya ban utama. Ini dilakukan agar ban serep selalu dalam kondisi baik dan siap digunakan kapanpun saat dibutuhkan. Berikut beberapa tips untuk merawat ban serep agar selalu siap sedia saat dibutuhkan.

Cara Merawat Ban Serep

Jaga Kebersihan Ban

cuci ban

Cara pertama yang paling mudah untuk merawat ban serep adalah dengan membersihkannya secara rutin. Hal ini harus dilakukan terutama untuk ban serep yang lokasinya di bawah kolong mobil karena sering terkena kotoran baik debu maupun lumpur. Ban yang kotor akan memperpendek usia ban.

Periksa Tekanan Ban

Periksalah tekanan angin ban serep minimal setiap satu bulan sekali agar selalu siap digunakan dan bisa memperpanjang usianya. Ban serep yang kurang angin biasanya akan melekuk pada bagian dinding ban. Pastikan tekanan angin ban serep sama dengan ban utama agar tidak ada ketimpangan di antara ban. Perlu diketahui, terkadang ukuran ban serep dan ban utama berbeda, jika ukuran ban serep lebih kecil dari ban utama, sebaiknya sesuaikan tekanan ban serep sesuai anjuran dari pabrik agar keamanan selama berkendara tetap terjaga.

Lakukan Rotasi Antar Ban

Jangan gunakan ban serep hanya saat ban utama bocor atau pecah. Kamu juga perlu menggunakan ban serep meskipun ban utama sedang dalam kondisi baik-baik saja. Tujuannya untuk meratakan tingkat keausan antar ban, baik ban serep maupun ban utama. Lakukan rotasi antar ban setidaknya sekitar dua bulan sekali.

Pastikan kondisi ban utama maupun ban serep masih bagus. Jika ban mobil-mu sudah aus, sebaiknya segera ganti daengan yang baru karena alasan keselamatan. Kamu bisa membeli ban baru berkualitas via AKULAKU. Kamu bisa membeli ban di AKULAKU dengan sistem kredit tanpa kartu kredit lho.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password