Cara Mudah Bebas Kantuk Saat Berkendara

bebas kantuk saat berkendara

Bebas Kantuk Saat Berkendara – Rasa kantuk dapat menghampiri siapapun tak terkecuali ketika Anda berkendara. Banyak pengemudi yang memaksakan dirinya untuk tetap memacu kendaraan dengan membohongi diri untuk fokus berkendara. Padahal hal ini sangatlah berbahaya baik untuk dirinya, penumpang yang bersamanya, dan pengendara lainnya.

Untuk mengantisapasi agar tidak didera kantuk saat mengemudi, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan.

1. Jangan Lupa Sediakan Air Mineral Kemasan

air mineral
Sumber : attn,com

Air mineral selain berfungsi untuk menghilangkan rasa dahaga, bisa juga digunakan untuk membasuh muka agar menghilangkan rasa kantuk. Saat mengemudi Anda tidak perlu kerepotan untuk mencari toilet. Cukup sediakan saja air mineral kemasan secukupnya sesuai kebutuhan.

2. Melakukan Gerakan

olahraga dimobil
Sumber : wowshack,com

Saat mengemudi, Anda akan merasakan ketegangan di beberapa bagian tubuh. Untuk memperlancar peredaran darah, Anda dapat melakukan beberapa gerakan sederhana saat mengemudi seperti memutar atau memiringkan kepala ke kiri dan kanan, gerakkan bahu memutar ke arah telinga, mengangkat pinggul, atau menjinjitkan kaki.

Gerakan ini dapat memberikan relaksasi agar tubuh tidak terasa kaku maupun jenuh dengan posisi berkendara.
Selain itu, Anda juga dapat melakukan gerakan mata beberapa kali ke arah spion. Hal ini sangat berguna agar mata Anda tidak kelelahan karena terfokus dengan pandangan ke depan. Dalam melakukan gerakan mata, tentu Anda tidak boleh lengah.

3. Memerhatikan Makanan dan Minuman yang Dikonsumsi

makanan untuk sarapan pagi yang sehat
Sumber : econochannel-feunj,com

Saat Anda hendak berkendara, sebaiknya hindari makanan yang banyak mengandung karbohidrat. Kedua makanan ini akan menyebabkan Anda mudah mengantuk. Anda dapat mengganti makanan kaya serat, protein atau karbohidrat kompleks. Makanan tersebut akan membuat anda kenyang lebih lama dan tidak membuat anda cepat mengantuk.

4. Penuhi Hak Tubuh

tidur di mobil

Ketika Anda akan menempuh jarak jauh, sebaiknya sempatkan untuk beristirahat terlebih dahulu kurang lebih selama 15 menit hingga 1 jam. Waktu ini dapat Anda gunakan sejenak untuk memejamkan mata, sehingga akan memberikan rasa lebih segar pada tubuh. Selain itu, penuhi hak istirahat Anda dengan tidur cukup di malam harinya.

Jika perjalanan yang ditempuh membutuhkan waktu lebih dari 3 jam, maka sangat dianjurkan untuk mengambil jeda perjalanan untuk beristirahat setiap 2 atau 3 jam. Selain istirahat, saat berhenti, Anda dapat melakukan beberapa gerakan ringan untuk menyegarkan kembali anggota tubuh.

Selain memeraktikkan cara-cara di atas, memang seharusnya Anda memersiapkan diri sebelum berkendara dalam durasi waktu yang cukup panjang. Cobalah persiapkan diri dengan rutin berolahraga. Terbiasa melakukan latihan fisik dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Tapi jangan lupa imbangi juga dengan memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Perhatikan makan-makanan yang Anda konsumsi. Jangan sampai setelah makan justru membuat kantuk dan malah bergerak. Utamakan konsumsi makanan dari bahan nabati dan hewani yang mengandung asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Jika merasa masih kurang, suplemen makanan Omepros dapat diandalkan. untuk memenuhi keseimbangan nutrisi dengan aktivitas, Anda dapat mengonsumsi Omepros.

Omega 3, 6, 9, EPA, DHA, vitamin E dari minyak biji blackcurrant dan minyak ikan salmon. Ragam kandungan dalam Omepros akan membantu Anda dalam menjaga kesehatan, tentu dengan diimbangi olahraga atau gerakan-gerakan sederhana agar peredaran darah pada tubuh dapat lancar, sehingga tidak menimbulkan penimbunan lemak darah. Omepros, Balancing Your Life!

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password