Inilah Alasan Transmisi Manual Gak Ada Matinya!

keunggulan mobil transmisi manual

Otorev.com – Untuk kalangan penggemar mobil yang telah memiliki jam terbang, perbedaan jenis transmisi menjadi salah satu hal yang mempengaruhi kenyamanan berkendara. Anda tentu merasakan perbedaan berkendara dengan mobil bertransmisi manual dan matic. Tak hanya tentang metode pengoperasian, namun sensasi yang ditimbulkan juga tentu berbeda.

Meski demikian, perdebatan masih terus berlanjut. Mana yang lebih unggul, mana yang lebih nyaman dikendarai, dan lain sebagainya. Memang terdapat beberapa keunggulan signifikan untuk mobil bertransmisi otomatis. Namun untuk mobil bertransmisi manual juga ternyata masih memiliki keunggulan tersendiri. Berikut beberapa keunggulan yang bisa Anda dapatkan dengan mengendarai mobil tipe transmisi manual.

 

1. Kendali Penuh

Untuk sensasi kendali penuh, Anda akan mendapatkannya pada mobil transmisi manual. Pemindahan posisi gear dari satu ke lain posisi memungkinkan Anda memiliki kendali maksimal pada laju mobil. Meski terdengar merepotkan, namun kendali penuh ini memberikan sensasi berkendara yang lebih nikmat untuk peminatnya. Anda juga akan merasa terlibat secara langsung pada kerja mesin.

 

2. Lebih Ekonomis

Jika Anda ingin membeli mobil dengan budget yang terbatas, maka persaingan manual dan matic tidak perlu diteruskan lagi. Mobil dengan transmisi manual akan memiliki harga yang lebih murah daripada transmisi otomatis. Jika kemudian kondisi keuangan jadi salah satu pertimbangan Anda, lebih baik pilih mobil dengan transmisi manual ke dalam ‘keranjang belanja’ Anda. Toh beberapa brand memiliki tipe manual dan matic  untuk seri yang sama.

 

3. Perawatan yang Murah

Dengan berbagai teknologi yang disematkan pada mobil matic, tentu akan membuat perawatannya menjadi makin mahal. Mobil manual akan memakan lebih sedikit biaya untuk merawatnya tetap dalam kondisi prima. Tentu saja, hal ini berdasarkan pada perawatan ideal untuk setiap jenis mobil.

Pada dasarnya jika ingin membuat biaya perawatan lebih efisien, Anda harus benar-benar teliti akan kondisi mobil Anda. Ketika terdapat sedikit kerusakan atau bunyi yang tidak semestinya, lebih baik segera lakukan perbaikan agar tidak merambat ke bagian lainnya.

 

4. Hemat Bahan Bakar

Secara umum, mesin mobil bertransmisi manual memiliki susunan lebih sederhana dibandingkan mobil matic. Beratnya pun lebih ringan dengan lebih banyak roda gigi. Susunan mesin tersebut membuat Anda akan mendapatkan jarak tempuh lebih jauh dengan jumlah bahan bakar yang sama. Mesin mobil bertransmisi manual akan mampu menghemat sekitar 5% hingga 15% penggunaan bahan bakar.

5. Kendali Lebih Baik

Mobil matic pada dasarnya didesain agar dapat ‘memilih’ posisi gear mana yang paling sesuai dengan medan yang sedang dilalui mobil. Tapi ketika harus menyesuaikan dengan medan yang berbeda drastis, kadang terasa bahwa perpindahan kurang responsif. Dengan mobil manual, Anda akan bisa mengatur sendiri dan menyesuaikan gear mana yang paling tepat untuk kondisi jalan dan mengantisipasi kondisi lanjutannya.

Pada dasarnya, mobil matic  dan manual memiliki kelebihannya masing-masing. Kelebihan ini tentu terletak pada bagian yang berbeda. Karakter dan selera Anda adalah yang kemudian menentukan tipe mobil mana yang lebih baik. Bahkan dalam kelas mobil mewah, pilihan tipe transmisi ini tetap disediakan.

Lexus sebagai salah satu produsen mobil kelas atas, memberikan pula berbagai pilihan untuk Anda. Beberapa seri Lexus yang dipasarkan di Indonesia memiliki seri manualnya pula. Untuk penjelasan lebih lanjut dan keterangan lain, Anda bisa langsung mengunjungi situs resminya di www.lexus.co.id atau mengunjungi showroom terdekat yang ada di kota Anda. Rasakan pengalaman tak terlupakan dengan mengendarai mobil dari Lexus.

Sumber gambar: carsport-site, roadandtrack, earnhardtlexus, phobia.wikia, quora, caramaslelur.blogspot

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password