Begini Cara yang Benar Bersihkan Rantai Motor

rantai motor

otoRev.com – Begini cara yang benar membersihkan rantai motor – Rantai menjadi komponen yang penting bagi motor. Sebagai komponen yang berada di tempat terbuka, rantai rawan ditempeli kotoran seperti pasir ataupun lumpur. Kotoran di rantai yang tidak segera dibersihkan, lama kelamaan akan merusak rantai.

Kita harus merawat rantai motor termasuk membersihkannya secara berkala, agar rantai selalu dalam kondisi yang prima. Namun, membersihkan rantai tidak boleh sembarangan. Ada cara khusus saat membersihkan rantai agar rantai selalu dalam kondisi yang optimal. Berikut ulasannya.

Cara yang Benar Bersihkan Rantai Motor

Gunakan Penetran

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyemprotkan cairan penetran ke seluruh bagian rantai. Cairan penetran berfungsi untuk melunturkan sisa pelumas dan juga kotoran yang menempel di rantai. Jika tidak memiliki penetran, kamu bisa menggantinya dengan minyak tanah atau solar untuk merontokkan kotoran.

Sikat

Setelah disemprot dengan penetran, bersihkan rantai dengan cara disikat dengan menggunakan sikat gigi bekas atau kuas yang berukuran kecil. Tujuannya agar kotoran yang membandel di rantai dapat dibersihkan secara menyeluruh.

 

Gunakan Pelumas

Setelah rantai dibersihkan dengan dua langkah di atas, langkah berikutnya adalah melumasi rantai dengan pelumas khusus rantai sepeda motor. Sebelum diberi pelumas, keringkan rantai terlebih dahulu dengan cara motor di parkir dengan standar ganda dan biarkan rantai berputar hingga kering. Setelah kering semprotkan pelumas khusus rantai secara merata.

Itulah beberapa langkah yang benar saat membersihkan rantai motor. Gunakan bahan-bahan yang memang dibuat khusus untuk menjaga rantai agar tetap dalam kondisi yang optimal. Jika menggunakan bahan yang asal-asalan, dikawatirkan akan merusak rantai, seperti membuat rantai kropos dan karatan sehingga rawan putus saat di jalan.

Periksa kembali kondisi rantai motor kamu. Pastikan kondisinya masih layak pakai. Jika sudah tidak layak pakai, sebaiknya segera ganti rantai motor kamu dengan yang baru. Kamu bisa membeli rantai baru berkualitas melalui aplikasi AKULAKU. Ada layanan kredit tanpa kartu kredit dari AKULAKU yang nggak pake ribet.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password