Cara Cek Pajak Kendaraan Jateng

cek pajak kendaraan jateng

Sudah menjadi ketentuan bahwa setiap pemilik motor atau mobil akan dikenakan pajak yang harus dibayarkan tepat waktu. Jika tidak, maka akan terkena denda yang tentunya bisa lebih besar apabila anda terlambat hingga tahunan. Semua wilayah di Indonesia memiliki cara membayar pajak yang hampir sama meski ada beberapa yang tidak bisa menggunakan cara SMS. Tetapi untuk anda warga Jateng, cara cek pajak kendaraan Jateng tidaklah sulit.

Mulai dari cara online, sms, aplikasi ataupun datang langsung ke kantor samsat tetaplah bisa anda lakukan. Ada baiknya anda mengetahui kapan batas waktu membayar pajak agar tak terkena denda. Terutama saat ada masa pemutihan atau pembebasan denda pajak kendaraan maka segera manfaatkan kesempatan tersebut. Berikut beberapa cara untuk cek pajak kendaraan Jawa Tengah.

5 Cara Cek Pajak Kendaraan Jateng

  1. Melalui Online

cara cek pajak kendaraan jateng

Salah satu cara cek pajak kendaraan Jateng adalah melalui online. Cara ini bisa dengan mudah diakses oleh banyak orang yang akan membayar pajak kendaraan. Salah satunya adalah dengan mengunjungi situs dppad.jatengprov.go.id yang merupakan situs terpercaya untuk mencari tahu berapa besaran pajak kendaraan anda. Masukkan plat nomor kendaraan yang ingin dicek pajaknya serta klik tombo submit dan dapatkan informasi kendaraan yang akan keluar secara bertahap. Nantinya, sebagai catatan anda bisa mengetahui biaya pajak kendaraan bermotor yang ada di situs tersebut yang sudah termasuk biaya normal tetapi belum termasuk pajak progresif.

  1. Melalui SMS

cek pajak kendaraan jateng terbaru

Baca juga : Harga Pasaran Honda Win 100 Bekas Dibanderol Hingga 15 Jutaan

Apabila anda salah seorang yang tak suka dengan cara online untuk cek pajak kendaraan Jateng, anda bisa melalui SMS untuk mengeceknya. Cek dengan SMS ini cukup mudah dan bisa dilakukan di semua smartphone serta untuk segala tipe kendaraan yang anda miliki. Cek pajak dengan cara kirim SMS ke nomor 9600. Gunakan format JATENG (spasi) nomor plat kendaraan. Misalnya saja dengan contoh JATENG H4567DD. Pastikan anda menggunakan format yang benar, kirim dan tunggu balasannya.

  1. Melalui Situs Samsat PKB

cek pajak kendaraan area jateng

Baca juga : Berapa Besaran Pajak Mobil Alphard di Indonesia? Ini Jawabannya!

Cara cek pajak kendaraan Jateng berikutnya adalah melalui situs samsat PKB. Mengunjungi situs ini, anda hanya tinggal memasukkan nomor polisi kendaraan yang anda miliki. Klik proses dan tunggu informasinya bisa muncul di layar situs tersebut. Nantinya anda akan mendapatkan penjelasan apakah mobil anda terkena pajak progresif atau tidaak serta bisa melihat jumlah dana yang harus dibayarkan untuk melakukan perpanjangan STNK selanjutnya.

  1. Aplikasi Cek Ranmor

cara cek pajak kendaraan area jateng

Baca juga : Berapa Taksiran Besar Pajak Xpander 2018?

Cara berikut ini cukup mudah hanya dengan mendownload aplikasi cek ranmor, anda bisa juga cek pajak kendaran Jateng. Install aplikasi tersebut di google playstore dan masuk dengan akun google milik anda. Nantinya anda akan diminta untuk memasukkan nomor polisi mobil atau motor dan juga nomor KTP. Aplikasi ini bisa menampilkan data mobil persis dengan apa yang sudah ditampilkan melalui situs Samsat. Hanya saja jika kita tidak memasukkan nomor KTP maka nama pemilik dan info pajak progresif tidak bisa keluar.

  1. Datangi Samsat

cek pajak kendaraan bermotor area jawa tengah

Tak mau kesulitan cek pajak kendaraan Jateng? Anda bisa mendatangi samsat langsung dan silakan menanyakan kepada petugas tentang pajak kendaraan anda. Jangan lupa untuk membawa STNK, KTP dan berkas penting lainnya yang diperlukan. Setelahnya, anda tinggal menunggu hasilnya dan mengetahui besaran pajak tersebut.

Gunakan cara cek pajak kendaraan Jateng paling mudah yang bisa anda lakukan. Bayar pajak kendaraan anda tepat pada waktunya agar bisa terhindar dari denda. Karena tiap kendaraan yang anda miliki tentu berbeda besaran pajak yang dikenakannya.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password