Harus Tahu! Begini Cara Inreyen Motor Baru yang Benar

cara inreyen motor baru

Membeli motor baru dan mendapatkannya tentu membuat kita senang. Seolah – olah ingin merawatnya agar awet dan tahan lama. Namun, perhatikan bagaimana memperlakukan motor baru sebelum bisa digunakan untuk perjalanan jauh. Saran yang paling sering kita dengar adalah melakukan inreyen untuk membuat komponen – komponen yang ada di dalam mesin bisa menyesuaikan. Cara inreyen motor baru yang benar juga harus diperhatikan.

Penyesuaian yang dimaksud adalah membersihkan mesin dari sisa gram ketika adanya proses perakitan mesin motor. Dengan melakukan inreyen yang benar, maka kita bisa membuat usia mesin dalam memakainya menjadi lebih panjang. Perhatikan bagaimana cara inreyen motor baru yang benar. Berikut beberapa hal yang bisa anda perhatikan.

Cara Inreyen Motor Baru yang Benar

cara inreyen motor baru

  1. Cara inreyen motor baru yang benar untuk langkah pertama adalah usahakan tidak terlalu memaksakan motor di 500 km pertama. Misalnya seperti menarik gas secara penuh ketika menyalakan motor. Bisa juga dengan sering melakukan pengereman secara mendadak. Hindari perlakuan ini pada motor baru.
  2. Atur putaran mesinnya sesuai dengan anjuran yang ada pada buku pedoman pemakaian. Sebab gesekan yang berlebih ketika pada putaran mesin tinggi nantinya membuat usia pakai komponen motor ini lebih pendek.
  3. Hindari berkendara ekstrem pada kondisi jalan basah atau licin. Kondisi seperti ini akan membuat ban yang baru memerlukan adapatasi. Hal ini disebabkan daya cengkeram ban belum begitu maksimal.
  4. Pastikan tidak mengangkut barang yang bebannya berlebihan. Sebab hal ini akan mempengaruhi kondisi motor untuk pertama kali pemakaiannya. Baca lebih lengkap berapat berat beban yang bisa kita angkut.
  5. Ganti oli motor apabila anda menempuh jarak 1000 km pertama. Hal ini bertujuan untuk membuang gram sisa proses perakitan yang diketahui sudah tercampur dengan oli. Pastikan untuk tidak telat dalam mengganti oli motor. Pengendara akan mendapatkan buku servis untuk menunjang kebutuhan motor terhadap perawatan.

cara inreyen motor baru

Tujuan inreyen untuk menyesuaikan mesin dengan kondisi barunya. Sebab inreyen juga dilakukan untuk menjaga performa mesin lebih maksimal. Menghindarkan mesin dari kerusakan atau kendala yang ada. Lakukan cara inreyen motor baru yang benar agar bisa menjadikan motor baru bisa lebih terawat.

Ikuti beberapa langkah tersebut dengan benar. Pastikan untuk membaca buku panduan dengan teliti dan secara jelas. Sebab ada banyak informasi yang dibutuhkan untuk membuat motor normal terawat. Terutama untuk penggantian oli yang harus diperhatikan secara bertahap. Adanya servis berkala memanglah dibutuhkan. Pastikan untuk mengikuti jadwal yang telah tercantum pada buku panduan atau buku servis.

cara inreyen motor baru

Gunakan motor sesuai dengan petunjuk untuk membuat kinerja mesinnya lebih maksimal. Hindari menggunakan motor dengan berat yang berlebih dan jangan lupa untuk mengecek kondisi rem. Tentu untuk menghindarkan kita dari rem blong atau daya cengkram ban yang tidak maksimal dan mengalami slip.

Inreyen atau masa break-in adalah hal yang utama dan harus diperhatikan. Masa dimana komponen – komponen mesin motor ini sedang dalam penyesuaian ketika kita dapatkan. Proses ini tidak hanya bertujuan untuk membuat motor baru lebih menyesuaikan terhadap penggunaan, namun juga untuk membuatnya lebih awet dan tahan lama terutama untuk kondisi mesin.

Perhatikan bagaimana cara inreyen motor baru yang benar. Gunakan buku panduan semaksimal mungkin agar tak terjadi kerusakan pada komponen motor. Hindari keterlambatan mengganti oli agar mesin tetap bisa beroperasi dengan baik.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password