Cara Kerja Kopling pada Kendaraan yang Perlu Anda Tahu

Cara Kerja Kopling pada Kendaraan yang Perlu Anda Tahu

Sebuah kendaraan yang ada tentu memiliki komponen yang menyusunnya. Tiap komponen memiliki keterkaitan satu sama lain. Dengan fungsi yang berbeda, apabila satu komponen mengalami kendala maka dikhawatirkan akan mempengaruhi kinerja dari komponen lainnya. Kali ini berbicara mengenai kopling yang merupakan komponen penting dan berfungsi sebagai perantara untuk pemindah tenaga dari mesin ke transmisi. Bagaimana cara kerja kopling pada kendaraan kita?

Kopling merupakan komponen penting dan tentunya dimiliki oleh kendaraan bermotor. Tentang bagaimana cara kerja dari kopling ini bisa anda temukan pada ulasan berikut. Juga mengenai sistem kopling yang ada pada kendaraan kita.

Cara Kerja Kopling pada Kendaraan

Kopling jika dalam bahasa permesinan disebut dengan clutch. Komponen yang akan menghubungkan poros engkol dengan poros gigi transmisi pada kendaraan kita. Nantinya anda bisa mengubah tingkat kecepatan sesuai dengan apa yang anda butuhkan. Kopling juga tidak bisa bekerja sendiri karena perangkat atau komponen lainnya tentu mempengaruhi.

Fungsi dari kopling sendiri untuk setiap kendaraan baik yang berjenis transmisi ataupun otomatis adalah sama. Ketika mesin pada kendaraan kita menghasilkan tenaga, kita juga membutuhkan part perantara dengan fungsi untuk menyalurkan tenaga yang dihasilkan. Kopling juga berfungsi agar bisa meredam tenaga yang disalurkan dari mesin ke transmisi. Hal ini berguna untuk tenaga yang disalurkan tidak langsung besar melainkan sedikit demi sedikit disesuaikan dengan bukaan kopling yang anda lakukan.

Sementara cara kerja kopling sendiri juga cukup unik dan juga penting untuk anda tahu. Saat tuas kopling dilepas, maka tenaga mesin yang awalnya terputus menjadi terlepasnya gigi transmisi dan mengikat putaran mesin untuk menyalurkan tenaga yang ada. Apabila anda memindahkan gigi transmisi ke tahap berikutnya dan tidak melakukan tekanan pada tuas kopling maka kemungkinan besarnya adalah gigi transmisi bisa mengalami kerusakan. Sebab putaran gigi transmisi masih terikat pada putaran mesin di kendaraan kita.

Kopling yang baik adalah bisa memutus dan menyambungkan lagi tenaga mesin dengan cara lembut. Jika dilakukan dengan lembut maka pemutusan serta penyambungan tenaga mesin ini akan menambah kenyamanan kita dalam berkendara. Selain itu, hal ini juga akan membuat komponen kendaraan. Terutama yang terkait dengan kopling akan lebih awet.

Pentingnya mengetahui operasional kopling

Cara kerja kopling begitu penting dalam kendaraan kita. Kopling yang baik juga kopling yang bisa memindahkan tenaga mesin tanpa adanya slip. Apabila komponen kopling ini sudah terhubung pada fly wheel maka tenaga yang disalurkan dari putara mesin bisa menjadi tidak maksimal.

Yang juga perlu anda ketahui dari kinerja kopling ini adalah ketika tuas kopling ditekan maka tenaga yang disalurkan harus terputus dengan sempurna. Hal ini untuk membuat adanya gigi transmisi tidak terjadi gesekan yang membuat gigi transmisi menjadi rusak. Juga ketika tuas kopling dilepaskan maka tenaga yang disalurkan haruslah 100%. Pada proses ini, kinerja kopling harus cepat.

Jika anda merasa beberapa kriteria kopling yang baik tersebut justru tidak dirasakan maka ada kemungkinan kopling pada kendaraan anda memiliki kendala. Segera konsultasikan pada dealer atau cek pada bengkel langganan anda. Sebab mengecek komponen kendaraan ini sangatlah penting demi keamanan dan juga kenyamanan kita dalam berkendara.

Perhatikan bagaimana cara kerja kopling pada kendaraan kita. Segera lakukan pengecekan dan servis rutin apabila kopling dalam kendaraan anda terasa tidak maksimal atau justru mengalami kendala yang membuat kita tidak nyaman.

Kopling merupakan komponen penting yang akan mempengaruhi kinerja mesin serta kendaraan kita. Saatnya lebih peduli terhadap tiap komponen yang ada pada kendaraan kita. Sebab stabil tidaknya komponen ini jelas akan mempengaruhi keselamatan penumpang dan juga kenyamanan kita.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password