Cara Membersihkan Block Mesin Pada Motor Yamaha Yang Benar Dan Mudah

Cara membersihkan block mesin

Otorev – Sebagai bikers sejati yang aktifitas sehari – harinya menggunakan sepeda motor, Anda harus banget tahu berbagai tips atau cara sederhana untuk merawat tunggangan kesayangan Anda tersebut. Salah satu bagian penting yang harus Anda perhatikan adalah block mesin.

Khususnya nih buat Anda yang menggunakan motor Yamaha, sebetulnya merawat block mesin ini jadi perkara yang mudah. Sebab, yang paling utama di sini adalah selalu menjaga kebersihan dari block mesin itu sendiri. Umumnya kotoran yang bisa timbulkan kerat asalnya dari debu, pasir, dan oli. Tak heran sebab posisi block mesin pada motor Yamaha tersebut ada di bagian luar dan langsung berinteraksi dengan lingkungan, khususnya untuk motor Yamaha Vixion.

Cara Membersihkan Block Mesin Pada Motor Yamaha Yang Benar Dan Mudah

  1. Pakai pembersih kerak mesin

Cara Membersihkan Block Mesin Pada Motor Yamaha Yang Benar Dan Mudah

Baca juga : Cara Mengkilatkan Mesin Motor Tua yang Mudah

Untuk hilangkan kerak di bagian block mesin pada motor Yamaha ini Anda bisa pakai shampoo motor yang kualitasnya sudah diakui para bikers. Silakan gosokan secara perlahan, dan jika ada pakai saja kuas untuk jangkau bagian – bagian yang agak sempit. Dengan menggunakan shampoo khusus, maka kerak yang tadinya sudah mulai mengeras akan lebih mudah untuk dibersihkan. Selain itu, penggunaan shampoo ini juga bisa menjaga bagian block mesin Yamaha Anda tampak selalu kinclong.

  1. Pakai sabun pencuci piring jika kerak masih membandel

Cara Membersihkan Block Mesin Pada Motor Yamaha Yang Benar Dan Mudah

Baca juga : Cara Merawat Mesin Mobil Bekas Agar Tidak Mudah Bobrok

Kadang kalanya jika kerak di bagian block mesin motor Anda didiamkan dalam waktu yang lama, dan semakin mengeras, maka penggunaan shampoo saja tidak akan mampu untuk menghilangkannya. Cara lain yang bisa Anda lakukan di sini adalah dengan menggunakan sabun pencuci piring. Ada banyak sekali bikers yang percaya bahwa sabun pencuci piring ini memiliki daya, atau pun kekuatan pembersih lebih tinggi dibandingkan shampoo motor. Cara membersihkan block mesin Yamaha dengan sabun pencuci piring mudah sekali, Anda hanya perlu menggosok secara perlahan bagian yang berkerak dengan sabun tersebut, kemudian membilasnya sampai bersih.

  1. Menggunakan cairan pembersih keramik

Cara Membersihkan Block Mesin Pada Motor Yamaha Yang Benar Dan Mudah

Baca juga : Tips dan Trik Membersihkan Kerak Mesin Motor

Jika kedua cara di atas masih belum berhasil bersihkan kerak dengan maksimal, maka Anda bisa coba terapkan cara yang berikut ini, yakni menggunakan cairan pembersih keramik. Cairan pembersih keramik ini memang sudah sangat sering sekali digunakan untuk menghilangkan noda yang sangat membandel, sebab memiliki daya bersih yang cukup kuat. Campurkan saja cairan pembersih keramik tersebut dengan air panas secukupnya, kemudian gosok dengan menggunakan sikat gigi ke bagian – bagian yang berkerak. Diamkan kurang lebih selama 10 menit, lalu gosok lagi dan bersihkan.

Walaupun demikian, Anda tetap harus berhati – hati pada saat menggunakan cairan pembersih keramik. Sebab saking kuatnya, cairan tersebut adalah bahan yang cukup berbahaya bagi cat motor Anda. Bisa – bisa, cat motor Anda akan rontok seketika pada saat terkena cairan pembersih keramik tersebut. Apalagi bila bagian block mesin motornya sudah dicat. Hindari penggunaan cairan pembersih keramik dan cukup terapkan metode pada poin yang pertama dan kedua saja untuk lebih amannya.

Gimana? Mudah sekali kan, membersihkan block mesin pada motor Yamaha di atas? Oh iya, buat Anda yang kebetulan sedang mencari referensi spare part untuk kendaraan kesayangan Anda, di AKULAKU Anda sudah bisa membelinya via cicilan tanpa kartu kredit. AKULAKU ini adalah salah satu aplikasi kredit terbaik yang pastinya bisa banget diandalkan untuk berbelanja dengan cicilan di beberapa e-commerce yang ada, seperti BliBli, Bukalapak, JD.id, dan Shopee.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password