Pusing Knalpot Berkarat? Ini Cara Efektif Membersihkannya

Knalpot Berkarat

Knalpot Berkarat – Sering pusing dengan karat yang ada di knalpot? Kali ini OtoRev akan sedikit tips utuk Anda yang suka dengan dunia otomotif. Berikut yang akan dipaparkan adalah tips cara menghilangkan karat di knalpot dengan efektif. Jangan anggap remeh karatan pada knalpot Anda.

Karena, tidak hanya bisa membuat penampilan motor Anda menjadi jelek, tapi juga akan mempengaruhi kinerja kendaraan Anda.

Cara Efektif Membersihkan Knalpot Berkarat

knalpot berkarat

Knalpot adalah salah satu bagian dari kendaraan yang terkait dengan pembuangan akhir gas pembakaran. Karena menjabat sebagai pembakaran saluran pembuangan gas, knalpot pasti sering dalam kondisi sangat panas. Baik meskipun perannya sangat penting, knalpot ini bagian paling rentan terhadap karat dan pembusukan.

Karat yang tersisa melekat baik leher atau di knalpot, Knalpot akhirnya akan mengikis dinding knalpot. Jika itu adalah berpori, akan dengan mudah akhirnya timbul lubang di dinding knalpot .

Nah, jika memiliki kebocoran di dinding knalpot dari aliran gas buang menjadi kurang halus dan akibatnya suara motor Anda menjadi kurang kuat.

Selain knalpot berlubang juga menyebabkan suara knalpot menjadi berubah. Oleh karena itu lebih baik jika Anda tahu bagaimana untuk menghilangkan karat pada sepeda motor knalpot muffler sebelum karat pada sepeda motor Anda menjadi lebih parah.

Setelah kontak yang terlalu lama dengan hujan dan kotoran yang mengendap, jangan heran jika dari waktu ke waktu Anda akan melihat motor knalpot berkarat. Tidak hanya berkarat, jika dibiarkan terlalu lama, knalpot bisa bocor. Ketika knalpot bocor, selain motor akan mengubah suaranya, energi akan menjadi lamban.

Pembersih Karat di Knalpot Motor

1. Oli Bekas

Hidupkan sepeda Motor Anda selama beberapa menit sampai mesin mulai panas. Selanjutnya, oleskan minyak mesin atau oli motor ke knalpot berkarat. Dengan demikian, suhu knalpot panas akan bereaksi dengan minyak yang diterapkan sebelumnya dan mencairkan karat. Dengan begitu knalpot motor akan menjadi bersih lagi.

2. Menggunakan Grease

Ini adalah alternatif utama yang sering dipilih orang dari wilayah kami. Grease sering juga dikenal sebagai petroleum jelly.

Cara menggunakannya hampir seperti dengan Oli yang digunakan. Panaskan motor, dan ketika suhu gas buang meningkat, menerapkan Grease pada knalpot berkarat. Biasanya karat membandel pada knalpot leher akan mudah hilang.

3. Menggunakan Porstex

Metode ini juga cukup mudah. Jika tidak ada porstex, Anda dapat menggunakan jenis produk pembersih keramik yang dapat dibeli di pasar.

Cara mudah untuk menghilangkan karat knalpot menggunakan porstex adalah untuk menuangkan cairan pembersih yang cukup dalam wadah dari keramik. Kemudian oleskan secara merata pada knalpot mulai mengikis. Diamkan sejenak. Ambil sikat gigi bekas dan gosok lembut sampai karat menghilang.

4. Pasta gigi

Metode ini cocok dilakukan khusus untuk menghilangkan karat pada knalpot yang telah dilapisi dengan krom. Memang karat dapat terjadi di mana saja termasuk lapisan krom.

Cara membersihkan karat pada knalpot motor yang telah dilapisi dengan kromium menggunakan pasta gigi sangat mudah. Oleskan pasta gigi rasa pada bagian knalpot berkarat. Diamkan sejenak, lalu gunakan kain lap untuk menggosok karat dan kotoran terangkat. Ulangi beberapa kali untuk hasil bersih.

Inilah tips cara menghilangkan karat pada knalpot Anda, semoga bermanfaat. Atau, bila Anda ingin mengganti knalpot, serta sparepart lainnya, jangan lupa juga Anda bisa memanfaatkan Aplikasi Akulaku untuk pembeliannya secara kredit. Jadi lebih ringan, kan?

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password