Punya Mobil Warna Putih? Begini Cara Mencucinya agar Tak Mudah Menguning!

mobil warna putih

Mempunyai mobil warna putih atau berwarna terang memang lebih beresiko kotor dibandingkan mobil berwarna gelap. Apalagi jika mobil Anda memiliki cat warna putih. Debu, lumpur, hingga goresan akan mudah terlihat. Belum lagi cara pencucian yang salah juga akan berpengaruh pada kualitas cat body mobil.

Jika warnanya sudah berubah menguning, biaya yang Anda keluarkan untuk memoles body mobil juga tak sedikit. Untuk menghemat anggaran serta menjaga penampilan mobil Anda tetap putih bersih, kami berikan tips mencuci mobil yang baik dan benar. Simak selengkapnya berikut ini!

mobil warna putih

Cara Mencuci Mobil Warna Putih Supaya Tidak Mudah Menguning

  1. Hilangkan debu dan kotoran terlebih dahulu

Saat Anda ingin mencuci mobil di rumah, jangan langsung menyemprotnya dengan air bertekanan tinggi. Jangan langsung mencucinya dengan sabun atau sampo. Pertama kali yang harus dilakukan adalah menghilangkan debu dan kotoran yang menempel di body mobil. Anda bisa menggunakan kemoceng atau air yang bertekanan rendah. Jangan juga menggosoknya langsung, karena hal tersebut bisa jadi cat mobil Anda bisa tergores oleh debu dan kotoran yang menempel.

  1. Perhatikan kualitas air

Hal sederhana yang sering dilewatkan oleh pemilik mobil saat mencucinya di rumah adalah kualitas air yang digunakan. Tidak jarang air tersebut punya kandungan karat yang tinggi. Jika Anda mengabaikan kualitas air ini, bisa jadi dalam jangka waktu yang lama akan berpengaruh pada cat body mobil Anda. Kualitas air yang rendah bisa menyebabkan tumbuhnya jamur, lalu akan menimbulkan warna kekuningan.

  1. Hindari penggunaan sponge

Tak sedikit yang memakai sponge untuk mencuci dan menggosok body mobil. Padahal, bisa jadi sponge yang Anda gunakan tersebut mengandung kuman atau mikro organisme yang bisa berdampak buruk bagi cat mobil. Gunakanlah lap khusus pencuci mobil seperti microfiber.

  1. Pakailah pelindung cat mobil seperlunya

Banyak yang memilih untuk memoleskan pelindung cat mobil setelah selesai dicuci. Anda bisa memakai wax dengan kandungan pH 0,3 agar cat mobil Anda bisa terlindungi secara maksimal. Namun yang perlu diingat, jangan menggunakannya terlalu sering. Bacalah petunjuk pemakaian wax terlebih dahulu. Penggunaan wax secara berlebihan justru bisa mengancam lapisan cat di body mobil Anda.

Empat cara di atas bisa Anda praktikkan saat mencuci mobil yang memiliki dominasi cat warna putih. Seperti mobil terbaru keluaran All New Toyota Fortuner, eksteriornya yang gagah tentu wajib Anda  rawat secara rutin. Mencucinya dengan cara yang benar, bisa menghindarkan Fortuner Anda dari bahaya menguning yang mengancam cat mobil Anda.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password