Jangan Sembarangan! Begini Cara Mendorong Mobil Matic yang Mogok

cara mendorong mobil matic yang mogok

Kendala dalam perjalanan memang tidak bisa diprediksi. Salah satu yang bisa diupayakan adalah mengeceknya sebelum bepergian. Namun, apabila menemui masalah di jalan maka lain halnya. Bisa saja kendaraan kita tiba-tiba mogok karena terlewat mengecek komponennya. Apapun faktor dari mogok, terutama untuk mobil matic maka berhati-hatilah jika ingin mendorongnya. Sebab bagaimana cara mendorong mobil matic yang mogok ini tidak bisa dilakukan sembarangan.

Apabila tidak ingin mobil menjadi lebih rusak, tentu haruslah mengetahui apa alasan dibalik sikap waspada tersebut ketika mendorong mobil matic. Setiap jenis mobil memang akan berbeda dalam perawatan yang dibutuhkan. Pun juga penanganan ketika adanya kendala pada komponen dalam mobilnya. Berikut ulasan bagaimana cara mendorong mobil matic yang mogok dengan benar sesuai anjuran.

Cara Mendorong Mobil Matic yang Mogok dengan Benar

Kerusakan mobil biasa terjadi pada kendaraan yang jarang diservis atau karena pemilik tidak begitu perhatian pada kondisi mobilnya. Terlebih jika kondisinya sampai mogok tentu akan merepotkan dan menjadi kendala ketika kita ada di perjalanan. Namun, mengatasi mobil yang mogok terutama jenis mobil matic tidaklah bisa dilakukan dengan sembarangan.

Biasanya mobil yang mogok akan dipindahkan pada posisi atau pada tempat yang tepat. Caranya adalah dengan mendorongnya. Namun untuk mobil matic sebaiknya tidak sembarangan melakukan posisi dorong pada mobil tersebut. Sebab mendorong mobil transmisi otomatis beda dengan mobil dengan transmisi manual.

Apabila jarak mobil memang dekat atau hanya tinggal mendorong ke bahu jalan, hal ini masih bisa dilakukan menggunakan posisi transmisi N. Ketahui bahwa mendorong mobil dengan transmisi otomatis akan berisiko pada komponennya dalam transmisi tersebut. Misalnya saja seperti pada planetary gear dan converter torque. Dua komponen ini bisa saja mengalami keausan karena tidak mendapat pelumasan dengan baik ketika roda bergerak dengan keadaan mesin yang mati.

Apabila mobil harus dipindahkan dengan jarak yang cukup jauh maka sebaiknya menggunakan derek gendong. Sangat disarankan ban tidak menyentuh tanah. Lebih baik lagi jika menggunakan derek gendong karena akan membuat mobil tidak rusak parah.

Cara mendorong mobil matic yang mogok dengan benar jika jaraknya jauh harus menggunakan mobil towing. Pastikan ban penggerak tidak berputar. Cara yang benar ini untuk menghindarkan mobil matic mengalami kerusakan pada sistem transmisi maticnya. Karena setiap mobil akan berbeda bagaimana cara perlakuan atau servisnya.

Mobil  matic memang sekarang ini banyak digemari. Terutama untuk pengendara yang ingin lebih mudah dan nyaman dalam menggunakan mobil. Ada kekurangan dan kelebihan dari masing – masing jenis kendaraan tak terkecuali untuk mobil matic. Akan lebih baik jika membaca buku manual atau mengetahui apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam menggunakan mobil matic.

Baiknya memang dalam merawat mobil sebaiknya tidak terlewatkan masa servis berkala. Hal ini bertujuan untuk mengecek setiap komponen yang dimiliki. Juga ketika akan berkendara, pastikan komponen yang ada di dalamnya memang dalam kondisi sudah baik. Pengecekan ini agar menghindarkan kita dari resiko mogok di jalan. Karena apabila sudah mogok tentu ada beberapa kemungkinan yang menjadi penyebabnya.

Ketahui bagaimana cara mendorong mobil matic yang mogok dengan benar. Hindari cara atau sikap yang sembarangan dalam mengatasi mobil yang mogok, terutama untuk jenis mobil mativ ini. Mobil matic memiliki transmisi otomatis yang apabila didorong manual bisa memperburuk kondisi kerusakan atau mengganggu transmisi maticnya.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password