Begini Cara Mengetahui Kampas Mobil yang Mulai Habis

kampas mobil

Kampas Mobil – Kopling adalah salah satu komponen transmisi manual pada mobil yang wajib dijaga performanya. Kampas kopling yang mulai habis, bisa mengganggu proses mengemudi, bahkan berpotensi mengalami kecelakaan.

Demi keamanan serta kenyamanan berkendara, mengganti kampas mobil yang mulai habis adalah hal wajib yang harus dilakukan. Namun, bagaimana cara mengetahui kampas mobil yang mulai habis? Berikut ini tipsnya!

kampas mobil matic

  1. Bau tidak sedap

Bau tidak sedap ini biasanya muncul saat Anda menaiki mobil di jalan tanjakan. Bau ini seperti karet terbakar yang bisa sangat menyengat di dalam kabin maupun di luar mobil. Jika Anda menemukan bau karet gosong saat mengendarai mobil, bisa jadi ini adalah tanda kampas kopling di mobil Anda sudah mulai habis.

  1. Akselerasi mobil melemah

Tak hanya baunya saja yang menyengat. Kampas mobil yang mulai habis juga bisa ditandai dengan akselerasi yang melemah. Saat Anda menginjak pedal gas, mobil hanya akan meraung keras tetapi lajunya tidak bertenaga. Kondisi ini tentu berbahaya jika Anda melalui jalanan yang menanjak dan diikuti oleh kendaraan lain di belakang Anda.

  1. Kopling mudah selip

Kampas mobil yang mulai habis juga akan terasa saat Anda menginjak kopling. Seringnya kopling yang terselip saat diinjak adalah petunjuk awal bahwa kampas kopling sudah tidak bekerja sesuai fungsinya. Selipnya kopling mobil akan terasa sangat mengganggu kenyamanan mengemudi apalagi bagi Anda yang baru pertama kali mengalaminya.

  1. Susah oper gigi

Tanda lain yang hanya bisa dirasakan oleh pengemudi adalah susahnya mengoper gigi. Jangan menunda untuk mengganti kampas mobil jika Anda sudah merasakan kesusahan saat ingin oper gigi. Semakin lama menunda bisa jadi akan mengakibatkan Anda tak bisa mengoper gigi sama sekali. Hal ini tentu akan berdampak pada kerusakan komponen mobil lainnya.

Meski terdengar cukup sepele, kampsa mobil yang dibiarkan habis tentu akan merusak komponen mesin di mobil. Perbaikannya pun membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Rawatlah mobil dengan menservisnya secara rutin. Apalagi jika Anda memiliki mobil mewah keluaran All New Toyota Fortuner. Mesin dan eskteriornya yang didesain tangguh untuk segala medan, bisa menjadi teman berkendara ke manapun Anda mau. Berlibur bersama teman dan keluarga akan terasa nyaman dengan mobil Toyota Fortuner.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password