Cara Merawat Mesin Mobil Bekas Agar Tidak Mudah Bobrok

Cara Merawat Mesin Mobil Bekas Agar Tidak Mudah Bobrok Rusak

otoRev.com – Beli mobil bekas memang memiliki keuntungan dan kerugian. Keuntungan beli mobil bekas adalah kita bisa dapatkan mobil dengan harga yang lebih murah dibandingkan kalau kita beli mobil baru. Tentunya ini akan menekan biaya pembelian mobil di kantong kita. Tetapi kalau salah pilih kerugian yang bisa diterima karena bisa saja penjual memberikan mobil bekas yang kualitasnya kurang baik bahkan mesin – mesinnya sudah diganti. Karena itu membeli mobil bekas harus dilakukan cek drive dan pengkajian lebih jauh bersama orang yang lebih mengerti mobil dan berada di pihak Anda sebagai pembeli.

Untuk Anda yang saat ini sudah beli mobil bekas dan ingin merawat mesinnya agar tidak mudah bobrok, berikut kami uraikan cara merawat mesin mobil bekas agar tidak mudah bobrok yang tepat Anda lakukan.

Cara Merawat Mesin Mobil Bekas

Cara Merawat Mesin Mobil Bekas Agar Tidak Mudah Bobrok

Baca Juga : Aspek Penting Tentang Performa Mesin yang Harus Diketahui Jika Beli Mobil Bekas

Ganti oli secara berkala

Untuk memastikan mesin mobil selalu dalam kondisi yang prima, pastikan agar oli mobil yang Anda gunakan selalu berada dalam kondisi baik. Karenanya ganti oli mesin mobil secara berkala sesuai dengan standar aturan masing – masing mobil. Biasanya setiap mobil punya aturan atas waktu pergantian oil, dan tepati waktu tersebut agar mesin mobil Anda tidak rusak.

Cek kondisi radiator

Radiator merupakan bagian yang sangat penting dari mobil karena radiator berfungsi untuk membantu menetralisir panas yang muncul dari mesin mobil. Jika air radiator atau coolant tidak bekerja dengan benar, maka mesin Anda bisa cepat panas dan menimbulkan kerusakan yang cukup fatal. Tentu hal ini juga akan sangat berbahaya bagi pengendara mobil itu sendiri. Karenanya perhatikan selalu apakah kondisi radiator mobil Anda dalam kondisi baik atau sudah tidak.

Baca juga : Tips Mudah Merawat Mesin Mobil Manual yang Benar

Pastikan kondisi filter karburasinya

Ketika Anda merasa mobil sering sulit untuk dihidupkan, coba lakukan pemeriksaan pada saringan filter karburasinya. Ada kemungkinan filter karburasinya sudah kotor dan perlu untuk dibersihkan. Cara membersihkannya juga mudah. Gunakan sikat gigi bekas dan secara perlahan. Hindari meniup saringan dengan kompresor atau hairdryer pada filter karburasi karena akan merusaknya nanti.

Itulah sedikit informasi yang kami dapat berikan untuk Anda tentang bagaimana cara merawat mesin mobil bekas agar tidak mudah bobrok. Semoga informasi diatas bermanfaat.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password