5 Cara Merawat Wiper Supaya Tetap Awet

cara mudah merawat wiper

Otorev – Satu bagian mobil yang juga harus mendapatkan perawatan rutin adalah wiper atau penyeka kaca Seperti telah Anda ketahui, wiper merupakan piranti mobil yang berfungsi membersihkan kaca, khususnya bagian depan. Wiper sangat penting terutama saat Anda mengemudi dalam keadaan hujan, untuk membersihkan membersihkan kaca mobil dari aliran air dan uap, serta kabut akibat hujan. Jika wiper tidak berfungsi dengan baik, maka Anda tidak akan dapat mengemudi dengan baik. Itulah mengapa, wiper mesti dirawat dengan baik. Berikut adalah lima cara mudah merawat wiper supaya tetap awet dan berfungsi dengan maksimal.

 

1. Periksa Karet Wiper

Cara pertama merawat wiper supaya tetap awet adalah dengan memeriksa karetnya secara rutin. Pasalnya, karet merupakan bagian yang paling penting pada wiper karena langsung bersentuhan dengan permukaan kaca. Bersihkan karet wiper Anda secara berkala. Bersihkan wiper dengan cara memasang stand agar karet tidak menempel pada kaca. Jangan sekali-kali mengelap pinggiran pinggiran karet wiper, karena akan menyebabkan elastisitasnya berkurang.

Gunakan air untuk membersihkan karet wiper. Namun, untuk hasil yang lebih maksimal, Anda bisa menggunakan cairan khusus pembersih wiper yang tersedia di toko-toko terdekat. Jangan lupa baca aturan pakai.

 

2. Periksa Poros Wiper

Cara kedua merawat wiper supaya tetap awet adalah dengan memeriksa porosnya. Poros juga merupakan bagian penting wiper. Pasalnya, bagian ini menentukan baik buruknya perputaran wiper. Jika perputaran wiper tidak maksimal, maka kinerjanya pun tidak akan memuaskan. Semprotkan cairan pada poros wiper secara berkala agar perputaran wiper tetap maksimal.

 

3. Periksa Semprotan Air

Cara ketiga merawat wiper supaya tetap awet adalah dengan memeriksa semprotan air wiper. Pastikan semprotan air lancar dan arah semprotannya benar. Jika semprotan air tersendat, gunakan jarum pentul untuk membersihkan saluran air. Anda juga dapat menyetel arah semprotan sesuai keinginan Anda.

Masih berhubungan dengan semprotan, periksa pula air wiper secara rutin. Jangan sampai air wiper dalam kondisi kosong. Hal ini supaya air selalu tersedia saat Anda membutuhkannya.

 

4. Periksa Masa Kelayakan Wiper

Cara keempat merawat wiper supaya tetap awet adalah dengan memeriksa masa kelayakannya. Kenali ciri-ciri wiper yang sudah tidak layak pakai, seperti keras dan tidak fleksibel. Wiper yang sudah tidak layak pakai juga tidak mampu menyapu kaca mobil Anda dengan baik. Jika sudah seperti itu, gantilah wiper Anda dengan yang baru. Jika Anda memaksakan diri tetap memakainya, maka kaca mobil Anda bisa menjadi korbannya. Pasalnya, wiper yang sudah tidak layak pakai justru bisa menggores kaca Anda.

 

5. Angkat Saat Parkir

Cara kelima merawat wiper adalah dengan mengangkatnya saat parkir. Berikan jarak antara karet wiper dan permukaan kaca saat mobil Anda parkir. Hal ini akan mengurangi kelembaban karet wiper dan menjaganya tetap awet. Selain itu, memberi jarak antara wiper dan kaca saat mobil terparkir juga akan menghindarkan kaca mobil Anda dari jamur.

Itulah lima cara merawat wiper supaya tetap awet dan bisa berfungsi secara maksimal. Jika Anda mendambakan mobil mewah dengan layanan perawatan yang memadai, Lexus bisa menjadi pilihan Anda. Pasalnya, mobil-mobil keluaran pabrikan otomotif asal Jepang ini dilengkapi dengan layanan purna jual yang prima. Tidak hanya service center yang mudah dijangkau dan suku cadang yang mudah didapatkan, tetapi juga layanan konsumen yang siap menjawab segala pertanyaan Anda 24 jam dalam sehari, 7 hari dalam seminggu.

Sumber gambar: autobarn, blog.belionderdil, sandipointe, wrightnissanofwexford

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password