Jangan Pakai Calo! Begini Cara Pembuatan SIM Baru 2018 Sesuai Prosedur

cara pembuatan SIM baru 2018

Otorev – Berkendara tidak hanya melihat bagaimana kemampuan seseorang dalam menguasai kendaraan dan medan jalan. Namun, ada hal – hal penting pula yang harus dilengkapi. Misalnya saja seperti safety riding atau memperhatikan kondisi keselamatan dalam berkendara. Juga dengan surat atau dokumen penting seperti adanya SIM. Surat ijin berkendara ini penting untuk dimiliki sebagai bukti bahwa pengendara telah lulus dari uji pembuatan SIM. Kenali bagaimana cara pembuatan SIM baru 2018 sesuai prosedur.

Ternyata memang tidak semua orang memiliki SIM dan mengindahkan peraturan ini. Padahal ada sanksi apabila pengendara tidak mematuhi. Kesempatan seperti inilah yang berusaha digunakan oleh orang – orang tidak bertanggung jawab seperti calo. Mereka akan meminta uang dengan jumlah nominal yang besar untuk membuat sim tanpa melakukan uji atau tes yang harusnya berlaku.

Cara Pembuatan SIM Baru 2018 Sesuai Prosedur

Di awal tahun 2018, waktu ini merupakan momen yang tepat untuk memperbarui banyak hal termasuk surat – surat kendaraan bermotor yang barangkali sudah habis masa berlakunya. Bagi pengendara yang ingin membuat SIM baru, ketahui bagaimana prosesnya dengan benar dan sesuai prosedur yang sudah ditentukan. Hindari menggunakan jasa calo yang justru merugikan bagi diri Anda sendiri. Bagaimana tidak, Anda akan diharuskan untuk membayar sejumlah biaya yang terlampau lebih besar dari pada biaya aslinya.

Ketahui beberapa golongan atau jenis SIM. Seperti misalnya SIM A yang digunakan dalam mengemudikan mobil berpenumpang serta barang perseorangan, juga memiliki jumlah berat lebih dari 3500 kg. SIM B1, digunakan untuk mengemudikan mobil penumpang serta barang perseorangan dengan jumlah berat mencapai lebih dari 3500 kg. SIM B2 diperuntukkan bagi alat berat seperti kendaraan penarik, kendaraan bermotor dengan menarik kereta tempelan dan lainnya. Beratnya diperbolehkan kereta tempelan atau gandengan yang lebih dari 1000 kg.

Berbeda lagi dengan jenis SIM C yang sangat sering kita dengar. Sim ini untuk mengemudikan kendaraan bermotor roda dua yang sudah dirancang dengan kecepatan lebih dari 40 km/jam. Kemudian untuk SIM D yang digunakan untuk mengemudikan kendaraan khusus untuk penyandang disabilitas atau mereka yang berkebutuhan khusus.

Mulai dengan mengetahui bagaimana persyaratan pembuatan SIM baru sesuai dengan usia. Pemilik kendaraan atau pemohon harus berusia 17 tahun untuk SIM A, SIM B1 dan B2 dengan pemohon 20 tahun. Sementara SIM C dan D untuk pemohon berusia 16 tahun. SIM Umum untuk pemohon yang berusia 21 tahun. Lengkapi juga dengan pas photo dan juga KTP Asli dan foto copy KTP sebanyak 4 lembar. Siapkan surat keterangan sehat jasmani dan rohani dari dokter.

Setelah melengkapi persyaratannya, ketahui bagaimana cara pembuatan sim baru 2018 sesuai prosedur. Langkah pertama adalah mengisi formulir permohonan yang disertai fotocopy KTP dan pas photo.

Ikuti ujian teori dengan menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan. Biasanya pertanyaan akan meliputi pengenalan rambu lalu lintas ketika di jalan.

Jika lulus nanti maka berhak untuk melanjutkan tes praktik. Apabila lulus dalam ujian teori dan praktik, pemohon bisa dipanggil agar melanjutkan proses pembuatan SIM.

Cobalah untuk latihan terlebih dahulu agar bisa lancar dalam melakukan uji atau tes praktik. Sebab banyak pemohon yang kesulitan untuk lulus pada tahap ini.

Kenali dengan benar bagaimana cara pembuatan sim baru 2018 sesuai prosedur. Hindari membuat sim dengan jasa calo. Hal ini tentu melanggar ketentuan yang ada. Selain itu jasa calo akan merugikan pemohon dengan mengeluarkan biaya besar.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password