Cara Sederhana Membersihkan Headlamp Mobil

membersihkan headlamp mobil

Membersihkan Headlamp Mobil – Lampu mobil adalah salah satu komponen penting pada mobil yang berguna untuk menunjang keamanan serta kenyamanan saat berkendara. Apalagi jika Anda berkendara pada malam hari atau hujan deras.

Kondisi headlamp mobil yang kotor di bagian dalam, akan sangat mengganggu penerangan selama perjalanan. Belum banyak orang tahu cara membersihkan headlamp mobil secara tepat. Padahal jika Anda mengetahui tipsnya, headlamp akan mudah dibersihkan setiap harinya. Berikut tipsnya!

headlamp mobil fortuner

Cara Sederhana Membersihkan Headlamp Mobil

  1. Gunakan pasta gigi

Anda bisa menggunakan pasta gigi dengan merk dan jenis apapun yang ada di pasaran. Namun, pastikan pasta gigi Anda tersebut mengandung zat yang bisa memutihkan. Pertama-tama, cuci lampu mobil Anda dengan air bersih untuk menghilangkan debu-debu yang menempel di kaca luar.

Jangan lupa gunakan selotip kertas untuk melindungi komponen mobil yang ada di sekitar lampu, seperti cat, karet, krom, dan lain sebagainya. Setelah itu, oleskan pasta gigi ke kain yang sudah dibasahi sebelumnya.

Lalu, gosokkan kain tersebut ke bagian headlamp. Lakukan berulang-ulang untuk menghilangkan noda dan kotoran yang membandel. Setelah bersih, jangan lupa untuk membasuhnya dengan air bersih.

  1. Gunakan amplas

Sebelum mengaplikasikan tips ini, siapkan dulu peralatan lain seperti amplas, spon, handuk bersih, air sabun, dan wax. Pertama kali, Anda harus membasahi amplas dengan air sabun. Sebelum mengamplasnya, pastikan headlamp dalam keadaan basah.

Setelah itu, Anda bisa menggunakan amplas berukuran 600 untuk mulai menggosok bagian headlamp yang punya noda membandel. Lakukan hal ini berulang kali dan basahi kembali amplas dengan air sabun. Setelah dirasa bersih, lap headlamp dengan handuk dan pastikan sudah kering maksimal.

Lalu tuangkan wax pada spon dan tunggu beberapa saat agar terserap ke spon. Gosokkan spon ke headlamp sebagai proses akhirnya. Agar memberikan hasil yang terbaik, Anda bisa melihat proses lengkap ini di kanal youtube.

  1. Gunakan cairan pembersih kaca

Pastikan terlebih dahulu bagian headlamp mana yang ingin Anda bersihkan. Karena biasanya, bagian dalam headlamp bisa jadi mengembun atau berdebu. Copot terlebih dahulu kaca headlamp, barulah Anda bisa mulai membersihkannya.

Gosoklah dengan menggunakan pemoles mobil ataupun plastik khusus. Pastikan cairan pembersih tersebut tidak mengenai plastik hitam yang ada di pinggiran headlamp mobil karena bisa merusak lapisan catnya.

Merawat semua komponen mobil adalah sebuah kewajiban bagi semua pemilik mobil. Apalagi jika Anda memiliki mobil dengan eksterior yang gagah seperti All New Toyota Fortuner. Fortuner dilengkapi dengan desain headlamp berteknologi Bi-Beam Hi Tech LED Projector yang  lebih slim dari versi sebelumnya. Lampu tersebut bahkan sudah terintegrasi dengan DRL dan Auto Leveling sehingga tidak menyilaukan mata pengendara lain yang berada di depannya.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password