Cara Sederhana Membersihkan Plafon Mobil yang Berjamur

plafon mobil

Interior mobil adalah salah satu bagian penting yang harus dirawat dan dijaga kebersihannya. Interior yang berada di kabin mobil, berfungsi untuk memberikan rasa nyaman bagi siapa saja yang ada di dalamnya. Plafon mobil merupakan bagian interior kabin yang rawan kotor, bau, bahkan berjamur. Letaknya yang susah untuk dijangkau, seringkali diabaikan kebersihannya oleh pemilik mobil.

Banyak hal yang menjadi penyebab mengapa plafon jadi kotor dan berjamur. Mulai dari asap rokok, sirkulasi udara lembab di dalam ruangan, hingga sentuhan tangan-tangan penumpang yang kotor. Berjamurnya plafon jika dibiarkan pasti akan sangat mengganggu kenyamanan berkendara.

Itulah mengapa, Anda harus rutin membersihkan plafon agar terhindar dari bahaya jamur. Melalui artikel ini, kami berikan tips membersihkan plafon dengan cara yang sederhana. Simak selengkapnya di bawah ini!

plafon mobil

  1. Siapkan bahan

Sebelum membersihkan jamur yang menempel di plafon mobil, siapkan bahan-bahan seperti sikat gigi, cairan khusus pembersih jamur, dan lap kain kering.

  1. Celup dan gosok

Lalu celupkanlah sikat gigi tersebut pada cairan pembersih. Pastikan cairan tersebut tak ada yang tertetes dan menyebar ke jok kursi mobil. Selanjutnya, gosoklah sikat ke bagian plafon yang berjamur.

  1. Cara menggosok

Perlu Anda perhatikan bahan plafon yang ada di mobil Anda. Jika plafon mobil berbahan dasar beludru atau kain lembut, maka anda bisa menggosokkannya searah. Namun jika berbahan dasar leather atau fabcirc, maka anda bisa mengusapnya dengan cara memutar.

  1. Ulangi beberapa kali

Jamur yang terlanjur tumbuh dan menempel erat di plafon mobil, biasanya akan susah dibersihkan. Perlu kesabaran ekstra untuk mengulanginya berkali-kali. Usahakan untuk tetap menggosoknya dengan sikat yang sudah dicelupkan cairan pembersih jamur. Ingatlah untuk menjaga pola menyikatnya agar tak ada cairan yang menetesi bagian lain.

  1. Bersihkan dengan air

Setelah dirasa cukup bersih, jangan lupa untuk membersihkan sisa-sisa plafon yang telah disikat tadi dengan air bersih. Jika perlu, tambahkan deterjen agar tak ada cairan pembersih jamur yang tertempel di bagian plafon.

  1. Keringkan

Langkah terakhir, keringkan plafon yang basah tersebut dengan lap kain. Pastikan plafon Anda kering secara maksimal.

Itulah beberapa tips sederhana yang bisa Anda coba untuk membersihkan plafon mobil yang berjamur. Lindungilah selalu interior mobil Anda agar terasa nyaman digunakan. Apalagi jika Anda memiliki mobil mewah sekelas All New Toyota Fortuner. Aksen kayu berkualitas premium yang ada di kabin mobil, haruslah Anda rawat agar terhindar dari serangan jamur dan bau yang tidak sedap.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password