Cara Sederhana Mencegah Ban Selip dengan Mudah dan Aman

cara sederhana mencegah ban selip

Cara Sederhana Mencegah Ban Selip – Kenyamanan dan keamanan adalah dua faktor paling penting saat Anda mengendarai mobil. Untuk itu, Anda perlu memperhatikan cara mengemudi yang tepat agar terhindar dari bahaya ban selip.

Apalagi jika jalanan saat itu sedang diguyur hujan deras. Banyaknya genangan air dan lumpur bisa menyebabkan jalanan licin dan berpotensi menimbulkan ban selip. Tak sedikit pengendara mobil yang panik saat mengendalikan laju kemudi.

Melalui artikel ini, kami akan berikan tips-tips mencegah ban selip dengan cara yang sederhana. Simak selengkapnya berikut ini!

Cara Sederhana Mencegah Ban Selip

  1. Memeriksa ban secara rutin

Langkah paling masuk akal sebagai upaya pencegahan ban selip adalah dengan memeriksa kondisi ban secara rutin. Pastikan ban mobil Anda dalam kondisi yang baik. Periksa apakah ada gumpalan lumpur, kotoran, atau bebatuan kecil yang menempel di permukaan ban. Periksa juga kondisi permukaan apakah sudah gundul atau belum. Segeralah ganti atau bersihkan ban agar Anda terhindar dari bahaya selip. Dengan kondisi ban yang baik, Anda bisa mengemudikan mobil dengan nyaman.

  1. Perhatikan transmisi gigi

Tak sedikit dari pengemudi mobil yang belum memahami sepenuhnya sistem transmisi perpindahan gigi. Saat Anda melaju di jalanan yang relatif menanjak, sesering mungkin lakukanlah pemindahan transmisi pada gigi yang rendah dan jangan menambah akselerasi mobil Anda. Akselerasi yang tiba-tiba atau kecepatan yang terlalu agresif, akan membuat keseimbangan kemudi Anda tidak merata. Menambah akselerasi mobil secara tiba-tiba, hanya akan menambah daya selip ke kondisi yang lebih parah.

  1. Kendalikan kerja kopling manual

Bagi Anda yang memiliki mobil dengan transmisi manual, disarankan untuk tetap menginjak kopling hingga kendaraan anda benar-benar terkendali. Kopling berfungsi sebagai komponen yang memutuskan seberapa besar tenaga yang dialirkan mesin terhadap roda. Dengan menginjak kopling, maka Anda akan membebaskan roda berputar tanpa adanya tekanan. Setelah itu, barulah Anda melakukan pengereman secara bertahap. Jangan lupa untuk melakukan counter steer beberapa kali sesuai dengan kebutuhan sampai kendaraan Anda benar-benar dalam kondisi yang terkendali.

Mengatasi ban selip adalah perkara yang cukup mudah jika Anda memiliki mobil yang sudah teruji kualitasnya. Salah satu deretan mobil mewah yang mampu memudahkan kendali kemudi adalah All New Toyota Fortuner. Memiliki fitur-fitur keamanan dan keselamatan yang berstandar internasional, menjadikan Fortuner sebagai mobil tangguh yang anti selip di segala medan.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password