Cara Tepat Ganti Air Radiator Di Mobil, Kamu Harus Tau!

cara tepat ganti air radiator di mobil

otoRev – Fungsi radiator didalam sebuah mobil adalah sebagai sistem pendingin. Tentu fungsi dari radiator sangat penting sebagai pengontrol suhu yang terdapat pada mesin kendaraan ketika Anda sedang menggunakannya. Karena itu upayakan radiator Anda perhatikan selalu fungsinya. Salah satu hal yang penting diperhatikan adalah mengganti air radiator secara berkala.

Hal ini untuk menghindari juga terjadi overheating atau suhu yang terlalu tinggi pada mesin mobil karena jika overheating dibiarkan terus menerus akan menimbulkan suatu kerusakan yang fatal pada mesin mobil Anda. Lantas bagaimana cara tepat ganti air radiator di mobil secara berkala? Berikut tipsnya untuk Anda!

Cara Tepat Ganti Air Radiator di Mobil

Buang air radiator yang lama

Cara Tepat Ganti Air Radiator Di Mobil
Cara yang tepat untuk mengganti air radiator mobil yang pertama adalah dengan Anda buang air radiator yang sudah lama dan keruh. Akan tetapi pastikan sebelum Anda melakukannya bahwa mesin mobil Anda dalam kondisi yang dingin agar tidak melukai kulit tangan Anda ketika proses ini dilakukan. Usahakan juga untuk Anda melakukan pada saat mesin mobil masih menyala sehingga semua air radiator didalamnya dapat terbuang sampai habis.

Untuk membuangnya, Anda perlu membuka tutup lubang radiator yang terdapat di bagian atas. Jangan juga lupa untuk Anda membuka baut yang ada di bagian pembuangan air radiator yang terdapat di bagian bawah radiator mobil Anda. Setelah itu biarkan sampai beberapa saat hingga semua air radiator didalamnya terbuang habis dan merata.

Isi air radiator mobil

Setelah semua air radiator terbuang habis, Anda bisa mematikan mesin kendaraan. Selanjutnya pasang kembali semua baut – baut yang terdapat di tempat semula termasuk di tempat pembuangan angin. Isi air radiator dengan menggunakan cairan khusus untuk radiator. Sebenarnya Anda dapat menggunakan air biasa akan tetapi penggunaan air biasa terkadang malah dapat menimbulkan kerak di area radiator mobil. Jadi isi sampai penuh dan meluap melalui pembuangan angin Anda.

Nyalakan mesin mobil Anda

Cara Tepat Ganti Air Radiator Di Mobil
Setelah Anda isi air radiator, Anda bisa pasang kembali baut yang terdapat di bagian pembuangan angin. Akan tetapi biarkan penutup lubang yang terdapat di bagian atas radiator tetap dalam keadaan yang terbuka. Selanjutnya nyalakan kembali mesin mobil Anda karena hal ini penting supaya kipas radiator dapat berputar. Setelah itu biarkan mesin mobil tetap dalam kondisi menyala sampai skala temperatur yang terdapat di bagian speedometer mencapai posisi setengah.

Cek pada tangki cadangan

Setelah Anda ganti air radiator, jangan lupa untuk Anda melakukan pengecekan air yang terdapat di bagian tangki cadangan radiator atau reservoir tank. Jika kondisi air Anda sudah terlampau kotor, Anda dapat buka penutup yang terdapat di tangki cadangan radiator. Kemudian buang air didalamnya sampai benar – benar habis. Setelah itu Anda bisa isi dengan air bersih atau cairan pendingin radiator sampai ke batas secara maksimal. Kemudian tutup tangki cadangan radiator dan pastikan jika cara penutupannya sudah benar – benar rapat.

Cek kembali air radiator ketika akan Anda gunakan

Cara Tepat Ganti Air Radiator Di Mobil
Ketika Anda akan memanfaatkan mobil pertama kalinya setelah air radiator Anda kuras, cek lebih dulu volume air radiator didalam tangki cadangan. Jika memang volumenya berkurang drastis, maka hal ini menjadi tanda bahwa kondisi sistem radiator bermasalah dan harus segera diatasi dengan yang baru.

Anda yang mencari berbagai komponen mobil, sekarang Anda bisa dapatkan di AKULAKU. AKULAKU bekerjasama dengan Aidia Network dan memberikan promo diskon sampai dengan 700.000,00. Mau? Yuk gunakan kode promo Aidia1 dan raih diskon besarnya sobat!

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password