Ini Cara Terbaik Menghemat BBM Mobil Matic

hemat BBM mobil matic

Cara Terbaik Menghemat BBM Mobil Matic – Bagi Anda yang memiliki mobil matic atau mobil manual, pasti akan timbul pertanyaan mengapa BBM nya boros sekali? Berikut beberapa tips untuk menghemat BBM Anda ketika berpergian saat mengendarai mobil.

Baca juga : Pesona Tangguh Dalam Mobil Chevrolet Chevy Corvette Grand Sport

1. Gas Perlahan di Awal

Cara menghemat BBM mobil matic yang pertama adalah, gas mobil secara perlahan, saat Anda melepas pedal rem dengan posisi tuas transmisi di D maka mobil sudah dapat meluncur maju. Oleh karena itu, Anda hanya perlu menekan pedal gas secara perlahan untuk menambah kecepatan saja. Tidak perlu terlalu dalam, sehingga aliran konsumsi bahan bakar juga tidak akan terlalu deras. Kecuali jika Anda ingin memperoleh akselerasi yang cukup tinggi.

menghemat BBM mobil matic

2. Perhatikan Putaran Mesin

Perhatikan putaran mesin (RPM)baik mobil manual ataupun mobil matic, tips paling efektif untuk menghemat konsumsi BBM adalah dengan memperhatikan putaran mesin. Umumnya, efektifnya konsumsi BBM dan juga tenaga yang dihasilkan adalah sekitar 2.500-3.000 rpm.

Kecepatan yang stabil, dengan berkendara menggunakan kecepatan yang konstan, maka Anda akan menurunkan intensitas untuk memainkan pedal gas. Semakin sering kita menginjak pedal gas lebih dalam, maka semakin banyak pula konsumsi BBM yang dibutuhkan.

3. Jaga Jarak Aman

Jaga jarak aman mobil Anda, selain kecepatan yang konstan, jarak aman dengan kendaraan di depan Anda juga perlu diperhatikan. Hal ini penting agar Anda tidak perlu melakukan menginjak rem atau mengurangi kecepatan secara mendadak. Sehingga jika mobil di depan Anda mengurangi kecepatan, maka Anda dapat mengurangi kecepatan secara perlahan baik dengan mengurangi gas atau menggunakan engine brake. Sehingga, saat Anda akan menambah kecepatan kembali maka Anda tidak perlu menginjak gas terlalu dalam atau tidak perlu membuang banyak tenaga.

menghemat BBM mobil matic

Saat terjebak kemacetan, jika, Anda berkendara melewati jalur dengan tingkat kemacetan tinggi, maka disarankan untuk menggunakan transmisi di posisi 2/S. Posisi ini pada mobil manual mungkin bisa disamakan sedang berada di posisi gigi 1 atau 2. Dengan cara ini, ketika mobil maju perlahan saat macet, maka Anda akan mendapatkan engine brake saat melepas gas sehingga tidak perlu menginjak rem mendadak untuk berhenti.

Namun jika macet dikarenakan lampu lalu lintas atau perlintasan kereta api, maka Anda dapat menempatkan transmisi pada posisi Netral (N) untuk menunggu lampu kembali hijau atau kereta sudah lewat.

4. Jangan Lupa Ganti Suku Cadang yang rusak

Suku Cadang yang rusak bisa menjadikan mobil Anda cepat boros BBM. Oleh karena itu, lakukan pemeriksaan berkala juga lakukan penggantian pada suku cadang yang sudah masuk waktunya diganti. Nah, pembelian suku cadang online sekarang sudah bisa menggunakan aplikasi Akulaku, loh. Caranya, unduh aplikasi Akulaku, lalu jadikan metode pembayaran untuk setiap belanja online Anda. Selain bisa bayar dengan cara dicicil, juga bunga 0 persen, Anda juga bisa mendapat sejumlah promo menarik, loh.

Close

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password