Buat Pemula, Ini Cara Tune Up Dasar Mobil Agar Performa Optimal

otoRev.com AKULAKU – Menjaga performa mobil agar tetap optimal sudah menjadi kewajiban bagi setiap pemiliknya. Kamu tidak perlu menjadi mekanik handal untuk melakukan perawatan dasar pada mobil. Dengan cara-cara berikut ini, kamu bisa menghemat pengeluaran yang digunakan untuk tune up mobil di bengkel langganan kamu.

Baca juga : Perawatan Berkala Mobil Agar Performa Mesin Tetap Terjaga

Cara Tune Up Dasar Mobil Agar Peforma Tetap Optimal

Periksa Oli Mobil

Salah satu cara termudah yang bisa kamu lakukan adalah dengan memeriksa ketinggian oli mesin. Tambahkan oli mesin jika ketinggiannya kurang. Pastikan juga warna oli belum menghitam. Jika oli sudah menghitam, segera kuras dan ganti dengan yang baru. Dengan memeriksa kondisi oli secara rutin, kamu bisa memperpanjang usia mobil-mu tanpa harus membayar biaya tune up ke bengkel.

Periksa Kondisi Ban

Mengalami ban kempes atau bahkan pecah saat perjalanan tentu akan sangat mengganggu perjalanan. Kita bisa terlambat sampai ke tujuan, apalagi jika kamu adalah orang yang terikat waktu, repot banget deh. Periksalah kondisi ban secara berkala. Pastikan tekanan ban sesuai, jangan terlalu keras ataupun lembek. Selain itu, pastikan kembang ban belum halus. Gantilah ban jika memang perlu dilakukan.

Periksa Semua Cairan Pendukung Mobil

Cara Tune Up Dasar Mobil

Selain oli mesin, ada banyak cairan ataupun pelumas yang ada di mobil. Misalnya cairan penyemprot kaca, oli transmisi, oli rem, dan sebagainya. Pastikan semua terisi penuh dan dalam kondisi bersih. Tambahkan cairan tersebut jika kurang dan ganti apabila diperlukan.

Periksa Aki

Periksalah aki dari korosi dan tanda-tanda kerusakan lainnya. Terminal aki mungkin saja diselubungi oleh kotoran ataupun cairan dari aki yang dapat menyebabkan timbulnya endapan yang bisa mengganggu saat kamu akan menstarter mobil. Periksalah bagian tersebut lalu bersihkan. Lakukan pemeriksaan ini saat mobil mengalami masalah saat distarter.

Periksa Rem

Periksalah kondisi rem secara rutin dengan cara melakukan tes rem saat mobil sedang melaju perlahan. Perhatikan secara seksama reaksi yang mucul saat melakukan pengereman. Jika kamu merasakan rem tidak bekerja dengan baik, ataupun gangguan lainnya seperti bunyi decitan. Jika memang demikian, ini bisa menjadi tanda jika rem-mu bermasalah.

Periksa Lampu

Cara Tune Up Dasar Mobil

Pastikan semua lampu tidak ada yang putus ataupun redup saat dinyalakan. Pastikan semua lampu bekerja dengan baik, misalnya saat melakukan pengereman, lampu sen, dan sebagainya. Jika ada lampu yang putus, segera lakukan pergantian.

Itulah beberapa tips cara tune up dasar mobil yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kondisi mobilmu tetap optimal. Kamu bisa membeli semua perlengkapan tune up secara online melalui aplikasi AKULAKU. Kamu bisa menikmati layanan kredit tanpa kartu kredit di AKULAKU. Yang pasti, kredit di AKULAKU nggak pake ribet deh.

Close

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password