Cara Cek Pajak Kendaraan Jatim Paling Mudah

cek pajak kendaraan jatim

Pemerintah seringkali melakukan pembebasan denda untuk pajak kendaraan terutama mendekati akhir tahun. Sayang rasanya jika anda memiliki kewajiban untuk membayar pajak tetapi tidak memanfaatkan peluang tersebut padahal kita bisa membayar pajak kendaraan yang menumpuk hingga 3 tahun misalnya tanpa ada denda yang menyertainya. Ada banyak wilayah yang menyelenggarakan termasuk Jawa Timur. Lalu bagaimana cara cek pajak kendaraan Jatim ini?

Jawa timur menjadi salah satu provinsi di Indonesia yang cukup padat penduduknya. Hal ini tentu berpengaruh pada keberadaan kendaraan bermotor yang dimiliki hampir tiap orang. Dari sekian jumlah tersebut, banyak orang yang setidaknya memiliki satu motor. Inilah yang nantinya harus kita bayarkan tiap tahun yakni pajak kendaraan. Berikut beberapa cara cek pajak kendaraan yang bisa anda akses.

Cara Cek Pajak Kendaraan Jatim dengan Mudah

  1. Melalui Aplikasi

cek pajak kendaraan jatim terbaru

Ada banyak aplikasi yang diketahui bisa mempermudah kita untuk mengecek besaran pajak kendaraan di berbagai wilayah. Termasuk untuk cek pajak kendaraan Jatim yang bisa kita lakukan dengan mudah hanya memasukkan nopol maka banyak informasi yang tertera disana. Salah satu yang terpercaya adalah aplikasi cek pajak kendaraan Indonesia yang tersedia berbagai pilihan wilayah termasuk Jatim. Masukkan nopol yang ada serta tunggu prosesnya dan lihat berapa besaran pajak yang dikenakan.

  1. Melalui Dipenda Jatim

cek pajak kendaraan jatim dispenda

Baca juga : Cara Cek Pajak Mobil 2019 dan Menghitung Besar Denda

Situs ini terpercaya untuk mengecek berapa besaran pajak kendaraan milik anda. Kunjungi situs di www.dipendaJatim.go.id dan masukkan nopol pada kolom yang tersedia, masukkan verifikasi kode yang ada di bawahnya. Tunggu beberapa saat maka akan muncul banyak informasi terkait pajak kendaraan milik anda yang ada di wilayah Jatim. Cara ini tergolong simple karena hanya perlu memasukkan nopol tanpa harus menggunakan nomor KTP atau identitas lainnya. Ada rincian biaya yang harus dikeluarkan agar pajak kendaraan anda bisa lunas.

  1. Melalui Samsat Online

cek pajak kendaraan jatim online

Baca juga : Cara Cek Pajak Kendaraan Jateng

Masih dengan cara online, cek pajak kendaraan Jatim di samsat online. Kunjungi situs resmi samsat online dan ikuti instruksi yang ada agar bisa mengetahui besaran pajak kendaraan yang dikenakan. Melalui samsat online, banyak informasi yang tersedia dan menampilkan rincian kendaraan anda. Cek pajak sebelum datang ke samsat untuk membayarnya agar anda bisa mempersiapkan biayanya dari rumah.

  1. Melalui SMS

cek pajak kendaraan jatim sms

Baca juga : Cara Cek Pajak Kendaraan Jakarta Paling Mudah

Jika anda masih menggunakan cara konvensional seperti SMS, anda bisa menggunakan cara cek pajak kendaraan Jatim dengan ketik JATIM (spasi) plat nomot kendaraan anda kemudian kirim ke 7070. Misalnya dengan contoh JATIM L2345AF. Cara ini tergolong mudah bagi mereka yang tak ingin mengecek pajak kendaraan dengan cara online karena dirasa terlalu ribet. Pastikan format yang anda kirimkan telah benar dan tunggu balasan dari nomor tersebut yang akan memberi rincian tentang besaran pajak kendaraan yang harus dibayarkan.

  1. Melalui Kantor Pajak

cara cek pajak kendaraan jatim

Jika anda salah seorang yang masih tidak terbiasa dengan cara cek online, anda bisa datang langsung ke kantor pajak dengan membawa STNK dan berkas yang dibutuhkan. Nantinya setelah mengantri, anda bisa menanyakan besaran pajak kendaraan untuk wilayah Jatim dengan mudah. Tanyakan kepada petugas yang ada berbagai keperluan yang anda butuhkan. Misalnya saja dengan berapa denda yang dikenakan dan jumlah yang harus dibayarkan.

Beberapa cara cek pajak kendaraan Jatim ini akan membantu anda untuk mengetahui besaran pajak yang harus dibayarkan. Mengingat membayar pajak harusnya bisa tepat waktu agar terhindaar dari denda atau sanksi. Cek pajak kendaraan sekarang juga dan penuhi kewajiban sebagai warga negara yang baik yang taat dalam membayar pajak.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password