Mengenal Ciri-ciri Wiper Mobil yang Bermasalah

ciri-ciri wiper mobil yang bermasalah

Otorev – Tidak bisa dipungkiri memang bahwa sebagian dari Anda kerap kali melupakan dan menyepelekan wiper mobil. Padahal saat musim penghujan tiba, wiper mobil ini memiliki fungsi yang sangat penting sekali, yakni untuk menjaga visibilitas pengendara pada saat mengemudi.

Mengingat pentingnya fungsi dari wiper mobil pada saat Anda sedang mengemudi, sebaiknya Anda memperhatikan kondisinya dan lebih rajin lagi mengganti komponen tersebut secara berkala. Di bawah ini akan kami informasikan kepada Anda tentang ciri-ciri wiper mobil yang bermasalah. Silakan di simak baik – baik ulasannya.

Mengenal Ciri-ciri Wiper Mobil yang Bermasalah

  1. Karet wiper mobil getas dan munculnya garis – garis air

Mengenal Ciri – Ciri Wiper Mobil yang Bermasalah

Sama halnya seperti sepatu yang pakai sole karet, karet wiper mobil ternyata juga bisa alami getas apabila kurang diperhatikan. Untuk Anda yang masih belum tahu, getas ini merupakan kondisi yang sebabkan karet jadi keras, hingga pada akhirnya rapuh dan berpotensi mudah pecah. Jika kondisi yang seperti ini terjadi pada wiper mobil Anda, maka ada hal yang harus Anda lakukan, yakni apabila Anda kebetulan akan memarkirkan kendaraan di luar ruangan dalam waktu lama, lebih baik mengangkat wiper mobil Anda tersebut supaya tidak bersentuhan secara langsung dengan kaca kendaraan Anda.

  1. Wiper mobil berisik dan mulai berubah bentuk

Mengenal Ciri – Ciri Wiper Mobil yang Bermasalah

Baca juga : Mengangkat Wiper Saat Mobil Parkir, Perlukah?

Masih ada kaitannya dengan karet wiper mobil yangb jadi getas dan keras. Nah, ketika wiper mobil sedang digunakan, umumnya wiper akan keluarkan bunyi decitan yang sangat mengganggu, yang jadi tanda bahwasannya wiper sudah mulai aus. Selain hal tersebut, apabila karet wiper sudah mulai getas dan keras, biasanya karet tersebut akan berubah bentuknya. Penampilan fisiknya bisa dilihat dengan mudah, beberapa ciri karet wiper mobil yang sudah mulai rusak diantaranya memiliki tepian yang tidak rata, pecah – pecah, dan karetnya cenderung keras.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, Anda harus lakukan perawatan rutin agar usianya lebih panjang. Anda harus membersihkan wiper dengan air bersih dan menghindari menggosoknya dengan lap. Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa menambahkan cairan khusus untuk berikan efek licin yang memudahkan kerja wiper.

  1. Gerakan wiper jadi lambat bahkan tidak bergerak

Mengenal Ciri – Ciri Wiper Mobil yang Bermasalah

Baca juga : 5 Cara Merawat Wiper Supaya Tetap Awet

Gerakan wiper mobil yang mulai melambat seperti ini biasanya terjadi karena ada bagian dengan sistem penggerak wiper yang kotor. Hal tersebut tentu saja akan berdampak pada arus listrik dan membuat dengkol wiper terhambat. Untuk mengatasinya mudah sekali, Anda bisa membersihkan penahan koil tersebut. Tidak hanya itu, kinerja wiper mobil akan melambat karena ada satu komponen yang berkarat dan membuatnya tidak bekerja dengan baik. Untuk mengatasi masalah ini Anda bisa membersihkannya dari karat atau pun dengan cara menyemprotkan cairan khusus anti karat.

Dan sepertinya masalah tidak berhenti sampai di situ saja. Tidak sedikit pula dari Anda yang bahkan alami wiper mobil tidak bergerak sama sekali. Jika memang demikian, biasanya ada dua kemungkinan, yakni motor listrik sudah mulai aus. Sehingga Anda harus menggantinya dengan komponen baru.

Nah, itulah tadi beberapa ciri-ciri wiper mobil yang bermasalah harus Anda ketahui. Jika wiper pada mobil kesayangan Anda memang sudah aus dan harus diganti dengan wiper baru, melalui aplikasi kredit terbaik AKULAKU ini Anda bisa membelinya dengan sistem cicilan. Tak perlu harus memiliki kartu kredit terlebih dulu, untuk melakukan cicilan via aplikasi AKULAKU tersebut bisa dilakukan tanpa kartu kredit, dan bahkan dengan DP 0%.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password