Daihatsu Charade, Kelebihan dan Kelemahan yang Tersembunyi

daihatsu charade 1986

Kelebihan dan Kelemahan Daihatsu Charade – Mobil hatchback sepertinya sedang naik daun. Selain irit bahan bakar, mobil hatchback menjadi incaran banyak orang dikarenakan mobil jenis ini masih memiliki tenaga yang mumpuni.

Masih ada juga alasan lain kenapa mobil hatcback selalu dicari orang. Diantaranya karena cocok sekali sebagai kendaraan harian untuk menyusuri jalanan kota. Kelebihan mobil hatchback selanjutnya yaitu mempunyai tigkat kenyamanan yang bagus. Aspek terpentingnya tentu harga mobil yang terbilang cukup murah.

Salah satu jenis mobil hatchback yang banyak digandrungi adalah mobil daihatsu charade. Meski merupakan mobil keluaran lama, namun mobil ini masih menjadi incaran. Tidak hanya sebagai objek incaran kalangan dewasa saja, daihatsu charade juga menjadi idaman dikalangan muda.

daihatsu charade g-21 cs

Tahun 1977 yang lalu menjadi awal kehadiran kendaraan city car klasik ini. Produksi Charade pertama kali disebut G10 atau G20. Dan generasi pertama ini bertahan hingga tahun 1983. Seperti yang terungkap diatas, bahwa generasi pertama begitu laris dan mempesona di pasaran. G11 mereka menyebutnya, merupakan representasi dari generasi kedua akhirnya mereka luncurkan.

Berapa lama produksi mobil generasi kedua ini berjalan? Mulai tahun 1983 hingga 1987 adalah ketahanan mereka dalam memproduksi. Namun mereka tidak tinggal diam. Karena generasi ketiga juga mereka produksi mulai dari tahun 1987 hingga 1989. Generasi ketiga ini disebut juga dengan Daihatsu Charade CX.

Sedangkan untuk berada di pasar indonesia, Daihatsu Charade Winner terlihat pertama kali pada tahun 1987 hingga 1997.

Baca juga : Sebelum Membeli Mobil Ceria, Simak Dulu Ulasan Mobil Daihatsu yang Satu Ini

Sebelum tahun 1990, mobil besutan dari produsen jepang dan merupakan rakitan astra daihatsu Indonesia ini bernama Daihatsu Charade CX. Dimana tertanam didalamnya sebuah dapur pacu 1000 cc (1,0 liter karburator) dengan bantuan 3 silinder serta 6 katup SOHC. Mesin yang ternam memiliki kode CB-23. Tenaga yang dihasilkan dari komposisi tersebut adalah 5.500 Rpm dengan torsi yang mencapai 3.100 Rpm.

Perubahan Daihatsu Charade

daihatsu charade warna biru

Setelah tahun 1990 berjalan, tepatnya awal tahun, mobil city car klasik ini mengalami perubahan nama. Dimana yang awalnya bernama Daihatsu Charade menjadi Charade Winner dikarenakan memperoleh sentuhan facelift.

Sentuhan facelift menghasilkan perbedaan yang mencolok. Mulai dari lampu depan yang seperti bentuk trapesium hingga fender belakang.

Mesin mobil city car ini juga tak luput dari upgrading. Mulai dari mesin yang menggunakan HC-C kepunyaan Daihatsu Espass dengan kapasitas 1,43 liter. 16 katup SOHC yang semula hanya 6 katup SOHC, hingga konfigurasi 4 silinder.

Dengan komposisi tersebut, sudah pasti tenaga mesin otomatis ikut bertambah menjadi 6.500 rpm dengan torsi maksimal 4.000 rpm.

Baca juga : Tips Agar Head Unit Mobil Daihatsu Awet Dalam Waktu Lama

Spesifikasi Daihatsu Charade

Varian Tipe CX Tipe Winner
Mesin CB-23 1.0 liter HC-C 1.3 liter
Konstruksi 3 silinder 6 katup SOHC 4 silinder segaris 16 katup SOHC
Tenaga 51 HP @5.600 RPM 89 HP @6.500 RPM
Torsi Puncak 75 Nm @3.200 RPM (CX) 105 Nm @4.000 RPM (Winner)
Rasio 9.5:1 9:1
Transmisi Manual 5 percepatan Manual 5 percepatan
Suspensi Depan MacPherson Strut, belakang independent Depan MacPherson Strut, belakang independent
Konsumsi BBM 12-15 km/L 12-15 km/L

Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Charade

Setiap mobil tentu mempunyai keunggulan dan kelemahan yang dimiliki. Entah itu dari desain eksterior maupun interior. Atau bisa juga terdapat pada performa dari mesin mobil itu sendiri.

Pada kesempatan kali ini juga, kamu bakal mengetahui keunggulan dan kelemahan Daihatsu Charade seperti informasi berikut.

Kelebihan Daihatsu Charade

  1. Mempunyai harga yang terjangkau
  2. Konsumsi BBM yang irit
  3. Mempunyai akselerasi kecepatan yang tinggi
  4. Kemudahan mendapatkan sparepart
  5. Gampang dalam merawat mesin
  6. Reputasi mobil yang cukup baik
  7. Nyaman buat medan yang tidak ekstrem

Sangat identik dengan mobil produk zaman dahulu. Konsumsi BBM yang terbilang irit dan kemudahan dalam servis mesin.

Baca juga : Hal yang Harus Diperhatikan Saat Beli Kampas Rem Aftermarket Bagi Pengguna Daihatsu Sirion

Kekurangan Daihatsu Charade

  1. Kaki-kai mobil yang rentan
  2. Desain yang sudah jadul
  3. Model finder bagian belakang yang katrok
  4. Bebragai elemen part modifikasi yang minim
  5. Hasil AC yang tidak maksimal

Bagi yang menyukai desain klasik, tentu ini bukan menjadi permasalahan yang besar. Semua kembali kepada yang menggunakan dan mengendarainya.

Kesimpulan

Mobil yang di desain untuk jalanan kota yang struktur aspalnya datar. Mobil ini juga akan mengalami masalah saat menanggung beban yang berat. Maksimal beban yang dapat ditampung adalah 200 kg. Apabila melebihi, kemungkinan mesin akan cepat panas yang berakibat pada mesin berhenti bekerja alias macet.

Direkomendasikan untuk menggunakan mobil saat keliling kota ataupun berbelanja.

Namun apabila kamu memaksa untuk melakukan perjalanan jauh atau mudik, disarankan kamu untuk melakukan persiapan sebagai berikut.

Rekomendasi Ketika Menggunakan Mobil Charade untuk Kegiatan Mudik:

  • Pastikan beban mobil tidak lebih dari 200 kg.
  • Pergunakan velg ban yang lebih kecil.
  • Gunakan karburator four barrel weber.
  • Pastikan jarak dengan mobil di depan kurang lebih 20 meter.
  • Apabila mesin mobil panas, segeralah berhenti.

Sekian ulasan tentang keunggulan dan kelemahan Daihatsu Charade yang dapat kami berikan. Silahkan bagikan melalui media sosial kamu apabila artikelnya bermanfaat. Dan jangan lupa untuk meninggalkan komentar dibawah tentang pengalaman kamu mengendarai mobil city car ini.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password