Dampak Sering Gonta-Ganti Bahan Bakar Mobil

Sering Gonta – Ganti Bahan Bakar Mobil

otoRev – Ada banyak bahan bakar yang bisa kita gunakan. Bahan bakar yang diperlukan untuk sebuah mobil pun juga bervariasi. Ada mobil dengan bahan bakar pertamax dan juga ada mobil dengan bahan bakar solar. Untuk mobil dengan bahan bakar solar biasanya pemiliknya tidak pernah berganti – ganti karena biasanya sistem komponen mobil dengan bahan bakar solar dan pertamax sangat berbeda.

Akan tetapi untuk pengguna mobil dengan bahan bakar pertamax seringkali ada yang berganti – ganti bahan bakar. Ada yang ketika lagi banyak duit menggunakan bahan bakar pertamax dan ketika sudah bolong kantongnya memilih menggunakan premium atau pertalite. Memang hal ini terkesan seperti hal yang biasa akan tetapi ternyata dampaknya sangat berbahaya lho bagi mobil. Apa sajakah dampak sering gonta-ganti bahan bakar mobil? Berikut informasinya yang pemilik mobil harus tahu!

Dampak Sering Gonta-Ganti Bahan Bakar Mobil

Suara mesin yang menggelitik

Dampak Sering Gonta-Ganti Bahan Bakar Mobil

Penggantian bahan bakar jika dilakukan dari oktan tinggi ke nilai oktan yang rendah tentu akan berpengaruh pada kinerja mesin mobil Anda. Jika bahan bakar yang Anda pilih lebih rendah dari sebelumnya maka besar kemungkinan suara menggelitik di mesin mobil yang tentu kurang enak di dengar akan Anda dapatkan.

Ganti bahan bakar menimbulkan kerak

Sering Gonta – Ganti Bahan Bakar Mobil

Baca juga : Cara Tepat Untuk Menghemat Bahan Bakar Kendaraan Bermotor

Anda harus tahu efek samping gonta – ganti bahan bakar yang selanjutnya adalah menimbulkan kerak di bagian tangki bahan bakar mobil Anda. Kerak ini nantinya akan menyumbat terhadap proses pengisian bahan bakar sehingga suplai dari BBM menjadi semakin terganggu.

Untuk menghilangkan kerak tersebut, gunakan pembersih engine flush yang Anda bisa beli di bengkel. Kemudian selanjutnya Anda bisa memasukkan cairan khusus ke bagian lubang tangki dan kuras lubang tangkinya supaya suplai bahan bakar bisa semakin lancar.

Kompresi yang bermasalah

Sering Gonta – Ganti Bahan Bakar Mobil

Baca juga : Hemat Bahan Bakar tapi Tetap Bertenaga, Ini 5 Cara Kerja Mobil Hybrid

Jika memang Anda terlalu sering gonta – ganti mesin semisal dari Premium ke Pertamax kemudian pindah lagi ke Pertalite, hal ini bisa menjadikan mesin mobil Anda terkejut. Sehingga nantinya performa mobil Anda akan kurang maksimal. Anda harus tahu bahwa kompresi mobil juga akan mengalami penurunan karena kerak yang sudah sebelumnya kita bahas di poin sebelumnya.

Partikel dari bahan bakar tidak habis terbakar

Sering Gonta – Ganti Bahan Bakar Mobil

Baca juga : Eropa Bebas Bahan Bakar Fosil di Tahun 2040, Lexus Segera Tancap Gas dengan Inovasi Mobil Hybrid

Partikel bahan bakar yang tidak habis terbakar didalam mesin akan menjadi penyebab kerusakan di bagian mesin. Jika Anda melakukan penggantian bahan bakar, pastikan bahwa bahan bakar sebelumnya sudah habis terlebih dahulu sebelum Anda ganti dengan bahan bakar lain agar tidak terjadi pencampuran bahan bakar yang menimbulkan partikel yang tidak habis nantinya.

Itulah dampaknya untuk Anda yang sering gonta – ganti bahan bakar mobil. Baiknya Anda harus pikirkan matang – matang sebelum berganti bahan bakar. Jika memang harus berganti bahan bakar, sebaiknya Anda perhatikan berapa oktan yang dianjurkan apakah aman atau tidak untuk mobil Anda.

Bagi Anda yang memiliki mobil dan kebetulan sedang mencari sparepart atau aneka aksesoris mobil, Anda bisa berbelanja di AKULAKU. AKULAKU tentu saja menyediakan berbagai produk otomotif yang Anda butuhkan. Soal harga pastinya ramah di kantong. Tidak hanya menyediakan dengan pembelian cash melainkan, jika Anda berminat membeli dengan kredit, Anda juga bisa membelinya dengan fasilitas kredit. Kini kredit uang di AKULAKU bisa Anda coba.

Oh ya, AKULAKU menyediakan voucher belanja up to 700 ribu rupiah lho dengan kode promo AIDIA1. Yuk langsung belanja dan dapatkan penawaran menarik hanya di AKULAKU!

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password