DKW RT 125, Sepeda Motor yang Paling Banyak Ditiru di Dunia

DKW RT 125

Industri sepeda motor dunia yang terus berkembang saat ini menghasilkan raksasa-raksasa besar pabrik produsen kendaraan roda dua ini. Masing-masing merek berlomba-lomba untuk mengembangkan desain dan teknologinya sendiri untuk menghasilkan produk yang terbaik dan tentu berbeda. Tapi siapa sangka, kalau di zaman dulu industri sepeda motor dunia pernah melakukan ajang duplikasi untuk menghasilkan produk yang berlaku di pasaran.

Jika sekarang ini banyak produsen asal Tiongkok yang membuat sepeda motor berdasarkan replikasi desain sepeda motor Jepang, pada zaman dulu malah sebuah sepeda motor buatan Jerman yang jadi korbannya. Satu tipe yang paling fenomenal adalah DKW RT 125.

Sepeda motor ini merupakan produksi DKW (Dampf Kraft Wagen), salah satu produsen sepeda motor asal Jerman yang berjaya di pertengahan abad 20. Pada perjalanannya, DKW merger dengan Auto Union bersama sejumlah merek otomotif asal Jerman lain dan membuat korporasi besar.

dkw rt 125 1939
(flickr)

DKW RT 125 sendiri mulai diperkenalkan tahun 1939. Desain mesin 2-tak berkapasitas 125 cc dengan inovasi bentuk piston membuat pembakaran menjadi lebih efektif. Hal ini membuat sepeda motor ini banyak disukai oleh pengguna sepeda motor pada waktu itu karena ringan, kecil dan tenaganya dianggap layak.

Huruf RT pada tipe sepeda motor ini merupakan akronim dari “Reichstyp” atau model nasional. Motor ini sepertinya dirancang untuk menjadi kendaraan nasional seperti Volkswagen di Jerman. Dengan kemampuannya, kendaraan ini menjadi cukup laku di pasaran Jerman bahkan sampai dilirik dunia.

Beberapa produsen sepeda motor dunia menganggap desain DKW RT 125 merupakan ide cemerlang dan mereka berusaha untuk memproduksi sepeda motor serupa. Dengan berbagai latar belakang, beberapa produsen tersebut meluncurkan beberapa tipe sepeda motor yang desain mesinnya mirip dengan DKW RT 125 agar ikut digemari konsumennya.

Berikut beberapa tipe sepeda motor tersebut:

1. Royal Enfield RE 125


(militaryimages)

Pabrikan motor asal Inggris, Royal Enfield pernah memproduksi motor kecil dengan nama RE 125 “Flying Flea”. Desain dari RE 125 ini dianggap mirip dengan DKW RT 125. RE 125 sendiri dirancang untuk kebutuhan serdadu Inggris selama Perang Dunia II. Dimensi sepeda motor ini yang kecil membuatnya mudah untuk diangkat dan ikut diterjunkan dari pesawat ke medan tempur.

2. Harley Davidson Hummer

Harley Davidson Hummer
(harleyhummer)

Harley Davidson ternyata tidak hanya memproduksi sepeda motor besar. Merk asal Milwaukee, Amerika Serikat ini dulu pernah mempunyai line-up untuk sepeda motor bermesin kecil. Salah satunya adalah Hummer. Harley Hummer sendiri dibangun dari dasar rancangan DKW RT 125.

Ihwal diproduksinya Harley Hummer sendiri akibat selesainya Perang Dunia II yang membuat Jerman harus membayar biaya perang. Salah satu yang diserahkan adalah desain DKW RT 125. Harley Davidson mendapatkan blueprint rancangan DKW RT 125 dan digunakan untuk memproduksi Hummer mulai tahun 1948.

3. BSA Bantam 125

BSA Bantam 125

Baca juga : Ini Dia Pertanda Bahwa Kamu Butuh Motor Pribadi Segera

Mirip dengan cerita Harley Hummer, BSA (Birmingham Small Arms) yang merupakan sebuah produsen sepeda motor besar asal Inggris juga mendapatkan desain DKW RT 125 imbas Perang Dunia II. Tahun 1948, BSA meluncurkan seri Bantam untuk pertama kalinya dengan mesin berkapasitas 125 cc yang identik dengan DKW RT 125. Model ini sendiri cukup laku di pasaran sampai dipasarkan hingga dekade 1960-an.

4. MZ IFA 125

MZ IFA 125
(harleytopperclub)

Baca juga : Tips Mudah Memilih Oli Mesin Sepeda Motor Berkualitas

Setelah Perang Dunia II, Jerman terpisah menjadi 2 bagian yaitu Jerman Barat dan Jerman Timur. Pabrik DKW yang kebetulan waktu itu berada di Jerman Timur direlokasi ke Jerman Barat. Bekas pabrik tersebut kemudian dipakai produsen lain, yaitu MZ untuk memproduksi DKW RT 125 yang dilabeli MZ IFA 125.

5. Minsk M1A

Minsk M1A
(harleytopperclub)

Baca juga : Sepeda Motor Terbaik di Dunia Ternyata Banyak Dipakai di Indonesia

Blok timur yang juga kebagian bentuk desain DKW RT 125 ikut memproduksi tiruan dari sepeda motor ini. Desain M1A pada tahun 1951 diserahkan ke Minsk, sebuah merek asal Belarusia. Mereka kemudian memproduksi Minsk M1A.

6. Yamaha YA-1

Yamaha YA-1
(global.yamaha-motor)

Produsen asal Jepang ternyata juga ikut membuat sepeda motor yang mirip dengan DKW RT 125. Yamaha yang kini menjadi produsen motor ternama dunia pernah membuat sepeda motor yang mirip dengan tipe legendaris ini. Saat memulai debutnya sebagai produsen sepeda motor, Yamaha meluncurkan YA-1 yang sangat identik dengan DKW RT 125. Meskipun begitu, Yamaha tetap menyempurnakan sisi teknis pada tipe produksinya seperti pada bagian transmisi.

Sebenarnya masih ada beberapa merek lain lagi yang memproduksi sepeda motor mirip dengan DKW RT 125. Ketangguhan dan kesederhanaan konstruksi motor ini waktu itu membuat pabrikan lain menginginkan memproduksi motor yang kurang lebih sama.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password