Evolusi Kunci Mobil Yang Bikin Kamu Penasaran!

evolusi kunci mobil

otorev.com – Sebagian besar orang sepakat mengganggap benda kecil ini sangat penting di hidupnya. Bagaimana tidak, Anda akan sangat susah payah mencarinya apabila secara tak sengaja Anda melupakan atau kehilangan sebuah kunci. Meskipun terkesan sepele, tapi tanpa kunci itu mobil Toyota Fortuner Anda tak akan bisa hidup menyebabkan hari Anda kurang bergairah tentunya. Lalu, bagaimana ya kira-kira asal-usul kunci mobil hingga saat ini? Yuk kita kulik kisah evolusi kunci mobil berikut!

Inilah 6 Evolusi Kunci Mobil Hingga Saat Ini:

evolusi kunci mobil

1. Manusia mulai mengenal mobil sebagai alat transportasi sekitar abad ke-19 dan ke-20. Pada saat itu, manusia masih sangat kesusahan menyalakan mesin mobil. Engkol harus dimasukkan kedalam lubang lalu dihubungkan dengan kruk as yang diputar dengan kuat sehingga piston , generator dapat bergerak untuk memercikkan api busi dan mesin menyala. Putaran dan getaran kruk as itu berbahaya lho! Bisa membuat jari Anda patah atau setidaknya keseleo dan kram otot.

2. Seiring perkembangan mobil dengan mesin yang lebih besar, semakin sulit diterapkannya engkol. Kemudian diciptakanlah electric starter dengan menggunakan handle atau sebuah tombol untuk menyalakan mesin. Meski begitu, ternyata electric starter juga kurang efektif karena pada saat mobil diparkirkan siapa saja dapat memencet tombol untuk menyalakan mesinnya.

3. Di tahun 1949, disempurnakanlah sistem starter dengan anak kunci yang menggunakan metode penyalaan untuk menjalankan dynamo starter, sekaligus menyalakan pengapian. Sehingga mobil lebih aman dan proses penyalaan menjadi lebih cepat.

4. Di era 1980-an, Anda dapat masuk ke dalam mobil yang terkunci tanpa menggunakan kunci hanya dengan menekan sebuah tombol. Menarik bukan?

5. Dua tahun setelahnya, ditemukan terobosan baru yang dilakukan oleh Renault Fuego dengan menempelkan transmitter di sekitar anak kunci. Sejak saat itu, anak kunci murni hanya untuk menghidupkan mobil yang disebut sebagai keyless entry.

6. Seiring berjalannya waktu, teknologi digital semakin maju. Kunci mobil juga mengalami perkembangan dan inovasi baru tak lepas dari kekuasaan digital. Bentuknya sangat beragam.

Seperti milik Toyota Fortuner, berupa kunci remote 2 tombol, chips, dan dilengkapi dengan program immobilizer yang membuat mobil Toyota Fortuner Anda lebih aman.

Begitulah kunci yang ternyata mengalami evolusi yang cukup signifikan. Dari mulai engkol yang dapat membuat pemiliknya cidera, berubah-ubah bentuk, hingga sekarang dengan bentuk dan kecanggihan yang menakjubkan.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password